Friday 4 August 2017

MY SKINCARE ROUTINE DURING PREGNANCY


Semenjak mengetahui positif hamil, salah satu hal yang saya benahi diantaranya adalah skincare routine. Sebelumnya saya sudah dengar kalau ada beberapa kandungan pada skincare yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat memberikan resiko kurang baik pada janin. 


Berdasarkan beberapa referensi yang saya baca, saya akhirnya berhasil memilah-milah produk mana saja yang masih bisa terus saya gunakan dan mana yang harus disisihkan. Meskipun cukup pahit sih menyisihkan beberapa produk kesayangan yang selama ini jadi favorit; tapi demi kesehatan semuanya. Hehe. 

Rangkaian skincare yang saya gunakan saat ini dibandingkan dulu sebelum hamil tidak terlalu jauh berbeda. Pada dasarnya saya menyisihkan produk-produk yang mengadung : retinol, paraben, BHA (contohnya salicylic acid) dan benzoyl peroxide. Retinol biasanya ditemukan pada produk anti aging; salicylic acid dan benzoyl peroxide umumnya terdapat di obat jerawat; sedangkan paraben banyak terkandung di berbagai jenis skincare, jadi untuk menghindarinya perlu rajin membaca kandungan yang tertera pada kemasan.

Untuk kalian yang sedang hamil dan mencari tahu tentang skincare yang aman bagi ibu hamil, kalian bisa baca salah satu sumber referensi saya disini. Namun supaya lebih yakin, akan lebih baik jika dikonsultasikan ke dokter kandungan masing-masing ya :)

Berikut ini produk yang saya gunakan selama kehamilan:

Please note : tipe kulit saya kombinasi (berminyak pada t-zone, normal pada pipi dan area lainnya).


Cleansing 

Produk pertama yang saya gunakan dalam membersihkan wajah adalah Bioderma Sensibio H2O Micellar Water. Berhubung saya akhir-akhir ini jarang menggunakan produk yang waterproof, Bioderma sudah sangat cukup untuk menghapus makeup ringan saya sehari-hari (BB cushion, blush on, lipstik). Untuk cleanser kedua, selama kehamilan ini saya memilih yang berbentuk cream. Menard Tsukika Cleansing Cream jadi pilihan saya karena cleansing cream ini mampu mengangkat sisa makeup yang masih tersisa sampai benar-benar bersih. Sebagai penutup tahapan cleansing, saya menggunakan Sukin Foaming Facial Cleanser. Ini cleanser kedua dari brand Sukin yang saya gunakan. Saya memutuskan repurchase karena saya suka sekali efek yang didapatkan setelah mencuci muka dengan Sukin Cleanser ini: kulit lembab (gak kesat dan gak kering) dan segar. Selain itu, Sukin ini merupakan skincare natural yang insya Allah akan aman bagi kulit dan kehamilan saya.



Toner

Beberapa bulan terakhir ini saya keranjingan 7 Skin Method, suatu metode skincare layering yang berasal dari Korea dengan menggunakan hydrating toner. Jadi pada skincare routine saya, biasanya di malam hari, saya menerapkan metode ini dalam pemakaian toner. Belakangan ini saya hanya menerapkannya sebanyak 5 layer saja, namun konsep dasarnya tetap sama. Toner yang saya gunakan adalah Whamisa Organic Flower Toner Deep Rich. Untuk detail lengkap mengenai 7 Skin Method mulai dari definisi, manfaat hingga cara pengaplikasian bisa dibaca pada tulisan saya sebelumnya disini.


Serum

Selama kehamilan, terdapat dua serum yang saya gunakan secara bergantian yaitu The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% dan Sensatia Botanical Facial-C Serum Jasmine Blossom. Untuk siang hari saya menggunakan The Ordinary karena teksturnya lebih ringan dan mudah menyerap dibandingkan Sensatia Botanical Facial C Serum yang sedikiiiit lebih pliket, sehingga kulit akan terasa lebih enteng meskipun akan ditimpa makeup setelahnya. Kedua serum ini jadi favorit saya karena dapat membantu mencerahkan kulit.



Moisturizer

Pada skincare routine pagi hari, penggunaan serum dilanjutkan dengan pengaplikasian moisturizer. Untuk moisturizer saya menggunakan produk Pixi H2O Skindrink. Ini produk kedua Pixi yang saya coba, setelah Pixi Glow Tonic. Yang awalnya hanya iseng coba-coba, ternyata cocok dan ampuh menjaga kelembaban kulit saya. Tekstur dari Pixi H2O Skindrink ini berupa gel dan cepat meresap di kulit jadi tidak ada sensasi lengket setelah pemakaian. 

Facial Oil

Jika di siang hari saya memakai moisturizer, malam harinya saya menggunakan facial oil sebagai substitusi. Saat ini saya masih setia dengan dua facial oil yaitu Trilogy Certified Organic Rosehip Oil dan Kiehls Midnight Recovery Concentrate. Biasanya saya menggunakan keduanya bergantian, tergantung dengan kondisi kulit pada saat itu. Apabila sedang ada calon jerawat yang butuh untuk dibikin kalem, saya akan menggunakan Kiehls MRC. Nah kalau jerawatnya sudah mengering dan tinggal ada sisa bekas jerawatnya, saya akan gunakan Trilogy Rosehip Oil supaya bekasnya dapat segera tersamarkan. Kalau kulit sedang normal-normal saja, saya akan pilih sesuka hati; pakai apa saja boleh. Hehe.

Read more : 


Faciel Mask

Ini dia masker favorit saya sejak lama, Laneige Water Sleeping Mask. Sesuai dengan namanya, Laneige Water Sleeping Mask digunakan sebelum tidur tanpa dibilas, pada langkah akhir night routine. Saya suka sekali dengan aromanya yang menenangkan. Jadi sambil terkantuk-kantuk saya bisa menghirup aroma sleeping mask ini sampai tertidur hehe. Saya biasa menggunakan sleeping mask ini sekitar dua hari sekali. Hasilnya setelah bangun tidur kulit saya akan terasa lembab, terhidrasi dan lembut. 

Sunscreen

Bukannya menyalahkan hormon kehamilan, hanya saja memang saya pribadi selama hamil ini sangat malas ngapa-ngapain. Seluruh tahapan skincare diatas kadang bolong-bolong; hari ini skip essence, besoknya ga pakai serum, dan seterusnya (jangan dicontoh ya! hehe). Namun, semalas apapun saya, step yang ga akan saya pernah lewat sebelum keluar rumah adalah menggunakan sunscreen. Pokoknya wajib deh. Saya sudah pernah menceritakan pengalaman saya menggunakan sunscreen yang saya pakai ini, Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Bagi yang penasaran, bisa baca disini ya.


Lipcare

Pagi dan malam hari saya selalu mengoleskan pada bibir Nuxe Reve de Miel Lip Balm untuk menjaga kulit bibir tetap sehat. Meskipun sudah jarang dandan full makeup, kalau urusan lipstik tetap gak pernah ketinggalan. Kemana-mana saya tetap pakai lipstik supaya selalu terlihat segar. Makanya lip care tetap harus diperhatikan dan gak boleh ketinggalan :)


Body Oil

Memasuki trimester kedua, saya mulai menambahkan Bio Oil ke dalam rutinitas perawatan tubuh setelah mandi. Saya mengoleskannya pada bagian-bagian tubuh yang rawan muncul stretchmark seperti perut, pinggang, pinggul dan paha. Semua ini bertujuan untuk mencegah rombongan stretchmark datang saat kehamilan semakin besar. Walaupun saya dengar-dengar pada beberapa teman saya kalau biasanya mau pakai body oil pun stretchmark akan tetap muncul, paling tidak saya berusaha semaksimal mungkin dahulu daripada menyesal nantinya. Syukur-syukur kalau ternyata stretchmarknya gak muncul kan hehe amin!

Note : Pada skincare routine kali ini saya tidak menggunakan essence seperti biasanya. Pasalnya, essence yang biasa saya gunakan (Goodal First Waterest Essence) sudah habis dan saya memang belum terpikirkan untuk mencari penggantinya ataupun repurchase. Kalau ada yang punya rekomendasi essence yang cocok untuk kulit normal kombinasi, boleh colek-colek saya ya! :)
__

Rangkaian skincare diatas telah saya gunakan sejak awal kehamilan hingga sekarang memasuki minggu ke 19. Harapannya saya bisa melanjutkan skincare routine ini dengan disiplin supaya kulit dapat tetap terjaga dengan baik meskipun terdapat perubahan berbagai hormon dalam tubuh. Pokoknya gak boleh malas-malas! Hihi.

Kalau ada yang memiliki rekomendasi skincare product yang bagus untuk ibu hamil, feel free to share ya! Saya akan sangat senang sekali mendapatkan masukan dari teman-teman semua. 

Sekian dulu post kali ini. Terima kasih ya sudah meluangkan waktu untuk membaca! :)

25 comments:

  1. biaaa ya ampuun beragam banget yaa..aku penasaran ordinary niacinamidenya, ditunggu reviewnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banyak ya mba hihi centil amat aku :p Siap! Nanti aku coba buat reviewnya yaa :))

      Delete
    2. Haiii mba... saya lagi hamil... sebelumnya saya pake niacinamide ordinary itu aman ya mba dipake pas hamil

      Delete
  2. Aku belum nikah sih tapi tulisan mu aku bookmarks dulu buat referensi nanti hihi.
    Sehat selalu yaaa :)

    www.zeillamudev.com

    ReplyDelete
  3. ak jatuh cinta sm whamisanya *o* kepoohh banget sama the ordinarynya mba bia <3

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing! Baru tahu ada kandungan skincare yang perlu dihindari bumil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata memang harus lebih hati-hati kalau sedang hamil, termasuk urusan skincare. Sama-sama :))

      Delete
  5. Cantik2 fotonya, jd kepingin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbaa.. Kalau ke Bali coba mampir sini mbaa :)

      Delete
  6. aku pali suka kalau ngeliat artikel skincare dari nabila.. apalagi yang di share tentang skincare nature.. aku paling penasaran dengan si SUKIN dan Trilogy. Pernah nyoba Khiels, muka aku nggak cocok.
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou dine :) Sukin & trilogy fave aku, kapan kapan mesti coba dinn hihi.

      Delete
  7. dirimu rajin sekali lagi hamil tetep berskincare ria, aku pas hamil dulu buluk banget lho saking gak minat skincarean dan dandan haha, jadi enggak sempet buat tulisan begini, bt nice post ini ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau urusan skincare masih aku paksain walaupun maleees ahaha. Tapi klo urusan masak sama beberes rumah malah keteteran :p Hehe thankyou mbaaaa

      Delete
  8. Biaa.. yang samaan sama aku pas tau hamil juga pake Bioderma Sensibio dan Laniege Sleeping Mask... abis meneliti juga kandungan keduanya InsghaAllah aman yaa buat bumil.. hehe. Aku juga ngindarin banget nih yang ada kandungan pemutih atau pencerahnya. Bedanya sama Bia aku ga sanggup pake moisturizer rasanya mual haha mungkin karena baunya, jadi aku ganti pake Avene Thermal Water aja hihi.. aku juga stop dulu Essence dan serum karena kata dokter kandungan aku kandungannya agak keras, meski ada yang bilang juga aman selama kandungannya ga yang harus dihindari bumil (semoga essence favorit akuga cepet expired) hihi juga penasaran nih pengen nyobain yang organik organik kayak Sukin dan Trilogyyy... nunggu clenaser Khiels aku abis dulu kayaknya. Hehe. Oh ya kalo Bia masih rajin pakai Sheet Mask ? aku masih banyak Sheet Mask nganggur soalnya.. haha nunggu udah better mualnya karena lagi sensitif banget sama fragrance :D

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba inkaaa.. Toss! Sebulan pertama hamil aku cuma pake bioderma sensibio doang soalnya mesti bedrest dan alhamdulillah kulit ga protes ehehe. Iya mba kalau mual memang sebaiknya dihindarin yah. Apalagi kalau dianjurkan sama dokter kandungan.. Kalau aku ini ga ada mual muntah jadi semua scent hajar maning. Sukin sm trilogy enak banget mba, aku lebih prefer skincare organik sekarang ini soalnya lebih friendly ke kulit, ga ada merah2 atau iritasi di aku.. Sheetmask masih banget mbaaa, sambil dicek2 juga komposisinya selama ga ada yg perlu dihindari aku pake deh :)

      Delete
  9. hai mba, the ordinary niacinamide untuk ibu hamil emang aman yah? thankss

    ReplyDelete
  10. Bun, sunscreen biore aman ya buat bumil, klo sy baca ingridients nya ada kandungan paraben nya?

    ReplyDelete
  11. Boleh dong mbk review sheet mask yg aman buat bumil?? Dtungguu😄😄

    ReplyDelete
  12. Kak kalo aku browsing biore uv aqua rich itu ga aman ya utk ibu hamil? Krn ada parabennya.. tp kakak tetep pake ya?

    ReplyDelete
  13. kl menurut saya sih, untuk semua produk skin care itu paling penting sunblock/sunscreen apalagi klo bumil keluar rumah, nah ini gampang2 susah karena rangkaian produk sunscren banyak yg mengandung kimiawi yg sebaiknya dihindari bumul, sedikit sekali yg mengandung bahan alami bukan kimiawi, jadi mesti hati2 pilih sunblockn, paraben even metylparaben aja, sebaiknya dihindari.

    ReplyDelete
  14. bukanya rosehip oil ada kandungan vit A nya sist? soalnya aku udah lama incar ini produk tapi belum berani karna masih hamil jg....

    ReplyDelete