Monday 31 October 2016

AVENE MICELLAR LOTION - REVIEW


Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tahapan cleansing menurut saya merupakan tahapan terpenting dari sebuah ritual skincare. Agar kulit dapat menerima nutrisi dari skincare yang digunakan, kita harus memastikan bahwa seluruh kotoran yang menempel pada wajah telah dibersihkan dengan sempurna. Cleansing wajib dilakukan setiap hari, pagi dan malam.

Kenapa harus pagi dan malam?

Dalam salah satu website favorite saya untuk riset skincare, Peach & Lily, saya menemukan fakta mengenai pentingnya cleansing.

AM Cleansing : Saat kita tidur di malam hari, metabolisme tubuh bekerja secara aktif, toksin pun dilepaskan dari permukaan kulit. Toksin-toksin ini harus dibersihkan; kalau tidak, toksin tersebut akan bereaksi menjadi radikal bebas saat terpapar sinar matahari. Akibatnya, kulit akan mengalami penuaan dini. 
PM Cleansing : Sebelum tidur, untuk memastikan seluruh skincare di siang hari dan makeup terangkat secara tuntas, diperlukan double cleansing. Karena sisa makeup yang tertinggal akan menjadi bibit jerawat.
Untuk pagi hari, saya biasanya menggunakan facial  foam atau cleansing gel. Adapun pada malam hari saya akan menggunakan dua jenis cleansing, akhir-akhir ini saya sering menggunakan micellar water plus cleansing gel

Nah, kali ini saya ingin bercerita tentang salah satu produk pembersih wajah yang sedang saya gunakan saat ini, yaitu Avene Micellar Lotion.

Saya pertama kali mencoba Avene Micellar Lotion saat mendapatkannya di Sociolla Box bulan Juli 2016. Sebelumnya produk Avene yang pernah saya gunakan hanya Avene Thermal Spring Facial Spray, yang mana merupakan salah satu brand facial mist favorit saya. Jadinya saat saya lihat Avene Micellar Lotion di dalam Sociolla Box, hati rasanya berbunga-bunga deh.

Sekilas tentang Avene Micellar Lotion..

"Cleanses and removes make-up in just one step for the face, eyes and lips. Your skin feels cleansed, soft and comfortable. 

Perawatan sempurna dari alam untuk kulit sensitif. Berawal dari tahun 1736, terapi pengobatan menggunakan ATSW (Avène Thermal Spring Water) sudah ada sejak jaman dahulu. Lebih dari 250 tahun, ATSW telah dikenal memiliki khasiat yang dapat menenangkan (soothing) & melembutkan kulit yang sensitif.

Kandungan ATSW telah diketahui sejak abad ke-18. Berasal dari kaki gunung Cevennes, di kedalaman Lembah Orb, bagian selatan Paris, Perancis. ATSW berasal dari air yang mengalir dengan suhu konstan (25,6ᵒC), bebas dari kandungan mikroba, dan memiliki pH 7,5 (mendekati netral). Selama berabad-abad, ATSW telah terbukti mengandung kekayaan untuk pengobatan dan banyak dipakai oleh Dermatologis (dokter kulit) seluruh dunia.

Khasiat air dari Avène berkembang pesat sampai melebihi batasan wilayah di Perancis, seperti di Chicago pada tahun 1871 setelah kejadian kebakaran besar, Avène Thermal Spring Water sangat sukses digunakan dalam pengobatan korban luka bakar yang hebat. Penyembuhan air ini berasal dari Spa Avène Thermal Spring di Perancis Selatan yang mana telah diumumkan & diresmikan untuk kepentingan umum oleh French Health Authorities sejak tahun 1874.

Avène Thermal Hydrotherapy Spa diresmikan ulang pada tahun 1990 dengan kapasitas perawatan untuk 2000 pasien/tahun. Beberapa kasus yang ditangani oleh dokter disana adalah kulit yang iritasi sensitif, kulit atopik, eczema kronis, psoriasis, sampai dengan perawatan pasca bedah plastik atau tindakan bedah dari dokter kulit (dermatologist). Para pasien menjalani perawatan air ATSW untuk mandi, berendam, pemijatan di bawah air kucuran dan wrapping tubuh. Ritual meminum air Avene juga direkomendasi oleh memaksimalkan perawatan.

Khasiat Avène Thermal Spring Water ini berkembang dengan baik untuk masyarakat luas di lebih dari 130 negara dan menjadi Market Leader di Eropa, menjadikan Avène Thermal Spring Water sebagai produk perawatan Dermocosmetic yang sangat tepat untuk kulit yang sensitif."

Tambahan dari penjelasan di atas, Avene Micellar Lotion ini memiliki kandungan yang aman bagi seluruh tipe kulit, termasuk kulit sensitif. Formulanya hypoallergenic dan non-comedogenic. Saya selalu prefer menggunakan skincare dengan kandungan yg mild, pokoknya sebisa mungkin saya menghindari produk yang terlalu 'keras'. (Kecuali acid toner, yang gunanya memang untuk peeling sel kulit mati, sih. Hehe.)
__

Cara menggunakannya mudah, sama dengan micellar water lainnya : 
  1. Tuangkan Avene Micellar Lotion ke permukaan kapas
  2. Usapkan ke wajah, mata, bibir, serta leher
  3. Lakukan lagi step (1) dan (2) hingga kapas yang digunakan bersih


Setelah first cleansing dengan Avene Micellar Lotion, sebisa mungkin saya akan melanjutkan dengan cleansing kedua. Kalau misalnya sedang males berat dan tidak menggunakan makeup berat pada hari itu, kadang saya hanya menggunakan Avene Micellar Lotion kemudian saya semprotkan facial mist sebagai finishing, dan skip cleansing kedua. Jangan ditiru malasnya ya, teman-teman! Hahaha. Untungnya Avene Micellar Lotion ini aman tanpa dibilas. Fyuh.

Berbeda dengan Bioderma Sensibio H2O yang tidak berbau, Avene Micellar Lotion ini memiliki aroma yang menenangkan dan lembut, suka deh. Setiap kali membersihkan wajah dengan Avene Micellar Lotion, saya selalu sambil menghirup aromanya ini. Rasanya membuat saya lebih rileks. 

Selain berfungsi sebagai makeup remover atau cleanser, Avene Micellar Lotion pun berfungsi sebagai toner. Setelah memakai ini, kulit wajah terasa lebih lembab dan lembut karena terhidrasi oleh kandungan Avene Thermal Spring Water-nya. Meskipun bisa sebagai toner juga, saya biasanya tetap menggunakan toner lagi secara terpisah. 
__

Secara keseluruhan.. Saya suka sekali dengan Avene Micellar Lotion ini! Recommended. Ya, saya yang memang dasarnya skincare addict, ditambah dengan produk yang berkualitas juga. No reason to not love it hehe. Kalau penasaran ingin coba juga, kalian bisa dapatkan di Sociolla. Untuk toko offline-nya sejauh ini saya belum nemu.. Nanti pasti akan saya update kalau ada ya. Atau ada kah diantara kalian yang tahu? Atau ada yang suka juga? Hehe. You can leave your comment below :)

25 comments:

  1. Hai Nabila,

    setuju sama kamu, kalo mau tidur ritual double cleansing mesti lho.
    dan aku juga lagi kerajinan pake micellar water karena sensasi segernya aku suka banget. sementara aku masih pake garnier nih, next time aku mau coba si Avene nih, karena wanginya lembut gituuu


    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sheilaaa!

      Sama banget, skrg lg selalu pake micellar water hehe. Biasanya aku pake AVene, Bioderma sama Nuxe. Nuxe jg enak! Ada sensasi wangi mawarnya gt. Garnier OK yaa? Boleh nih nnti coba ah, udah beberapa kali liat di Guardian. :))

      Delete
  2. Waaaah bikin mupeng. Iyaa aku juga setuju soal double cleansing. Karena udah terbiasa jadi risih kalo blum dua kali bershinnua ibaratnya hahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, double cleansing super perlu, apalagi kalau habis bermakeup ria yaah. Bahkan aku kadang triple cleansing lho hahaha (micellar water - cleansing cream - cleansing gel) :D

      Delete
  3. Aku lagi dalam masa galau milih micellar water dkk. Jadi lagi rajin banget baca reviewnya hihi.

    Tapi aku mah kalo makeup berat/ringan selalu double cleansing soalnya selalu berasa bersih aja.

    https://chamtea.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg aku lg pakai micellar water dr beberapa brand; Avene, Bioderma, dan Nuxe. Semuanya enaak sih jd susah nentuin mana yg paling OK hihi.

      Yess, aku pun selalu membiasakan utk double cleansing nih hehe toss! :D

      Delete
  4. Oalah bisa toner bis makeup remover toh.
    Krna pelit, mending jadi toner ajah deh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bisa sbg toner jg walaupun memang lebih dikenal as micellar water ya :) Aku pun biasanya tetap pakai toner lagi, soalnya hampir selalu dibilas dgn water-based cleansing product setelah pakai ini :))

      Delete
  5. Teksturnya cair kayak micellar water ya? Aku kira lebih kental gimana gtu. Untuk makeup waterproof ampuhkah bia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikiiiiiit lebih kental mba din. Dikit banget. Utk makeup waterproof, bisa ilang bersih kok walau honestly mesti re-apply beberapa kali :D

      Delete
  6. Aku biasanya pakai micellar water kalau makeup-an, tapi ngerasa kurang puas bia kalau cuma pakai Micellar Lotion/Water, jadi biasanya aku cleansing pakai milk cleanser lagi. Avene ini katanya enak yaa buat kulit sensitif <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju gian.. Biasanya kalau makeup full bisa sampe triple cleansing malah hehe. Iyaa Avene bagus utk yg kulitnya sensitif, dia mild banget sukaaa :)

      Delete
  7. aku tipe yang lebih malas dari kak bia lho *polos* kalo buat makeup waterproof gimana kak hasilnya?

    blog.viniamanda.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk 2017 kita harus rajin biar nyamuk-nyamuk pd kepleset di pipi kita vin! Ahahaha.. Utk yg waterproof, dia ampuh tp mesti reapply beberapa kali. Mesti tetep dilanjutin tahapan cleansing selanjutnya jg..

      Delete
  8. Pantesan kulitnya bia cantik, 😍
    Kalo aku kadang suka skip juga itu abis pakai micellar water langsung deh bobok 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u ertaaaa :-*
      Haha aku pun kadang klo ngantuk bgt bisa kayak gituu.. Yg penting udah dihapus dulu ya taa makeupnya ;)

      Delete
  9. Pantesan kulitnya bia cantik, 😍
    Kalo aku kadang suka skip juga itu abis pakai micellar water langsung deh bobok 😅

    ReplyDelete
  10. Pantesan aku sering liat youtuber luar bersihin makeup tuebel langsung pake miscellar water/lotion. Hmm aku juga punya ini tp sayangnya dan anehnya entah kenapa ga cocok dikulitku. Tapi setelah aku amati emg ini beda sama produk mereka yang xeracalm series yang memang menomorsatukan buat kulit sensitif. Mungkin yang ini krn ada fragrance dll ya. T_T)a

    Nice post kak!

    VISIT MY BLOG❤

    ReplyDelete
  11. nice review kak bia <3 aku juga punya inii, tapi karena kecil, agak sayang kalau buat bersihin satu muka hehehe biasanya cuma buat mata ajaa, muka pakai micellar water :3

    jessicaalicia.com

    ReplyDelete
  12. Micellar makin banyak mereknya. Aku masih stick di garnier sih karena murah. Ahahaha

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  13. halo ,salam kenal ya hehe oh ini mirip2 bioderma ya? aku seneng banget sih cleansing water yang model gini.enak banget dan gak ada sting sensation afterwards.boleh nih coba avene.
    nice review by the way

    angiebeautydiaries.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Hi kak Bia! Aku belom rutin double cleansing nih, kadang suka cape dan males. Mau mulai rutin ahh, stlh baca benefitsnya di artikel kakak. Makasih infonya kakak cantik! <3

    www.claranaava.com

    ReplyDelete
  15. Berapaan harganya? Kalau waterproof makeup mau ilang ga bia?

    ReplyDelete
  16. Ia nih, kalau d pakai buat ngapus makeup yang waterproof gitu gmn??

    ReplyDelete
  17. Your posting is so popular among the females. You bring a beauty product for them to make them beautiful. Further, USA SEO Company service gives you the best service for ranking your business.

    ReplyDelete