Monday 24 April 2017

7 SKIN METHOD : THE LATEST KOREAN SKINCARE TREND


Beberapa minggu terakhir, saya mulai sering mendengar istilah baru dalam dunia skincare Korea Selatan. Istilah yang saya maksud ini adalah 7 Skin Method. Familiar enough? Dari judulnya saja sudah cukup membuat saya penasaran untuk mencari info disana-sini. Akhirnya setelah membaca beberapa sumber dan mempraktekannya sendiri selama kurang lebih dua minggu, saya memutuskan untuk menuliskannya pada blogpost khusus. Niatnya segera ditulis supaya metode ini akan saya ingat selalu dan sekaligus sharing kepada seluruh teman-teman. :)

Apa yang dimaksud dengan 7 Skin Method?

7 Skin Method merupakan metode skincare dimana toner digunakan sebanyak 7 layer dalam satu skincare routine. Lalu kalau metode ini menggunakan toner, kenapa judulnya 7 Skin Method? FYI, toner dan skin merupakan kata yang sama pada bahasa Korea. That's why metode ini kerap kali disebut 7 Toner Method. 

Tujuan dari metode toner-layering ini adalah agar moisture-level kulit wajah dapat meningkat (kulit terhidrasi dengan baik) dan kulit dapat menyerap nutrisi yang terkandung pada toner lebih banyak dari biasanya. So yeah, it's all about hydrate your skin better. 

Pertanyaan selanjutnya, apakah menghidrasi kulit wajah penting? Well, aku harus bilang kalau menjaga kulit selalu terhidrasi sangatlah penting. Kulit yang terhidrasi akan lebih sehat, jauh dari wrinkle dan juga bebas jerawat. Inilah salah satu alasan saya untuk rajin menyemprotkan facial mist atau menggunakan sheetmask; karena kulit yang dehidrasi secara tidak langsung dapat menjadi pemicu jerawat. 

Tipe kulit apa yang cocok dengan 7 Skin Method?

7 Skin Method ini dapat diterapkan pada seluruh tipe kulit; mulai dari kombinasi seperti saya, berminyak, apalagi kulit kering. Ya, 7 Skin Method sangat cocok diaplikasikan pada kulit kering, karena 7 layer toner yang diaplikasikan ini akan menghidrasi kulit dengan baik. Untuk tipe kulit lainnya, hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah layer yang diaplikasikan. 

Saya yang berkulit kombinasi, melakukan percobaan terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah layer yang cocok bagi kondisi kulit saya. 

Caranya dengan memulai 3 layer terlebih dahulu. Jika kulit nyaman, keesokan harinya saya tambahkan satu layer menjadi 4 layer. Apabila kulit wajah tidak menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan (bruntus, misalnya), saya tambahkan terus layernya hingga mencapai  7 layer. Setelah mencoba mulai dari 3 hingga 7 layer, saya merasa 5 layer sudah cukup untuk membuat kulit saya moist & plump

Bagi kulit yang berminyak, kemungkinan besar 3-5 layer pun sudah cukup. Tapi akan lebih baik jika dicoba terlebih dahulu dan cari jumlah layer yang cocok bagi kulitmu ya!

Selain disesuaikan dengan tipe kulit, pengaplikasian 7 Skin Method juga dapat disesuaikan dengan cuaca tempat tinggal. Bagi saya yang tinggal di Bali/Jakarta/Bandung yang cenderung humid dan panas, rasanya 3 - 5 layer sudah cukup. Kalau kalian sedang berada liburan saat cuaca dingin/winter, 7 layer akan sangat baik untuk menjaga kulit tidak kering. 

Toner seperti apa yang bisa digunakan untuk 7 Skin Method?

Dalam menerapkan 7 Skin Method, kalian bisa menggunakan toner yang dimiliki dan tidak perlu membeli toner khusus selama toner yang dimiliki tersebut memenuhi kriteria 7 Skin Method. Adapun kriteria toner 7 Skin Method sebagai berikut:
  • Tidak mengandung acid (AHA, BHA, dan acid lainnya); biasanya berupa hydrating toner
  • Alcohol free; karena penggunaan skincare beralkhohol yang terlalu berlebihan dan lebih dari satu lapis akan menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan iritasi
  • Oil free; untuk mencegah pori-pori wajah tersumbat

Toner yang disarankan untuk digunakan pada 7 Skin Method adalah toner yang mild dan ramah di kulit. Saat ini saya pribadi menggunakan dua toner yaitu Klairs Supple Preparation Facial Toner dan Whamisa Organic Flowers Deep Rich Essence Toner. Biasanya saya gunakan bergantian atau kadang bahkan keduanya dipakai dalam satu rangkaian skincare. Let's say, 3 layer pertama menggunakan Klairs toner kemudian 4 layer selanjutnya diikuti dengan Whamisa essence toner. Tidak ada ketentuan khusus, jadi saya menggunakannya sesuai dengan keinginan saat itu. Hehe.



Selain kedua toner diatas, saya sebenarnya memiliki Hadalabo Gokyujun Lotion yang biasanya saya gunakan sebagai hydrating toner pada skincare routine sehari-hari. Saya tidak menggunakan toner tersebut pada 7 Skin Method, karena Hadalabo Gokyujun Lotion ini masih mengandung alkohol. Namun semuanya tergantung ke pertimbangan masing-masing ya :)

Bagaimana cara pengaplikasian 7 Skin Method?

Setelah mengetahui pengertian dan produk yang sebagainya digunakan, selanjutnya saya akan bercerita tentang cara pengaplikasian 7 Skin Method.

Berdasarkan referensi yang saya baca dan tonton, berikut ini cara menerapkan 7 Skin Method yang disarankan :
  1. Bersihkan wajah seperti biasanya. Sebaiknya 7 Skin Method dilakukan saat kulit wajah masih dalam kondisi lembab setelah proses cleansing. Not 100% dry.
  2. Teteskan toner secukupnya pada telapak tangan. Atau dapat juga menggunakan media kapas. Kalau saya lebih suka menggunakan layer pertama dengan kapas, dan 6 layer sisanya dengan tangan. Penggunaan kapas pada layer pertama berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran yang mungkin tertinggal setelah mencuci muka.
  3. Gosokan telapak tangan kemudian usapkan ke wajah dengan lembut
  4. Bagian pertama yang diusapkan  adalah bagian kulit yang menurut kalian terkering. Kalau saya, bagian pipi. Kemudian dilanjutkan dengan T-Zone yang memiliki minyak lebih banyak dibandingkan pipi.
  5. Berikan jeda sebentar antar layernya. Biasanya saya berikan satu menit saja, tidak perlu terlalu lama supaya kulit masih dalam kondisi lembab saat layer kedua dimulai.
  6. Ulang langkah (2) sampai dengan (5) sebanyak 3 - 6 kali. Sesuaikan dengan jumlah layer yang diinginkan.
  7. Setelah 7 Skin Method selesai, sebaiknya dilanjutkan dengan mengunakan emulsion atau pelembab yang fungsinya mengunci seluruh nutrisi dan hidrasi yang diterima kulit. 

Setelah melakukan 7 Skin Method pada ritual skincare, apakah saya tetap menggunakan skincare products lainnya? Jawabannya : Ya. Di pagi hari, saya skip essence namun tetap menggunakan serum, moisturizer dan tentunya sunscreen. Kalau malam hari, setelah 7 Skin Method saya hanya mengaplikasikan eye cream dan facial oil saja. 

Mungkin akan ada yang berpikir seperti saya, "Pemakaian skincare akan semakin boros dong yah!". Untuk pemakaian toner, tentu saja iya (walaupun sebenarnya pada setiap layernya, kuantitas toner yang digunakan lebih sedikit dibandingkan jika saya menggunakan toner satu layer saja pada skincare rutin yang normal). Namun 7 Skin Method akan menghemat penggunaan produk lain seperti essence dan serum.

Saat ini saya tidak menjadikan 7 Skin Method pada rutinitas yang wajib dilakukan setiap skincare routine. Biasanya 7 Skin Method ini saya aplikasikan saat merasa kulit membutuhkan hidrasi ekstra atau saat saya memang sedang ingin saja hehehe; seminggu 2-3 kali kurang lebih. 7 Skin Method ini cukup jarang saya lakukan di pagi hari, karena biasanya waktu untuk bersiap-siap di pagi hari lebih pendek. Singkat kata: tidak sempat. Hahaha.

Lalu bagaimana hasilnya?

Awalnya saya sedikit skeptis dan ragu, apakah menggunakan 7 layer skincare product yang sama akan memberikan efek yang optimal. Bukankah sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Namun ternyata.. It works! Setiap kali menyelesaikan 7 Skin Method, saya merasa kulit terasa lebih lembab dan kenyal. Kulit saya pun terlihat lebih glowing, bukan glowing karena oily ya. Benar-benar glowing sehat. Mirip dengan glow yang dihasilkan setiap selesai menggunakan sheetmask atau totok aura. Senang deh! :)

Hal yang paling membuat saya senang adalah sejak mulai rutin menerapkan 7 Skin Method, seringkali calon-calon jerawat yang timbul di wajah saya bisa hilang sendiri sebelum tumbuh dan matang. Ini salah satu bukti kalau kulit saya terhidrasi dengan baik. Yeayness!

Jadi kalau ditanya apakah saya merekomendasikan 7 Skin Method ini, jawabannya adalah : a big YES! Bagi teman-teman yang mulai 'keracunan' Korean skincare dan ingin kulit sehat, tapi gak mau ribet dengan berbagai jenis produk; this is suitable for you! Di pagi hari cukup cleansing - 7 Skin Method - sunscreen, then you are ready to go. Pretty simple, but effective.

Bagaimana menurut kalian? Ada yang tertarik atau pernah coba metode ini? Kita sharing di comment section yuuuk :)

15 comments:

  1. yahhh toner q pas bgt tuh ngandung aha/bha yg si cosrx jd gk tk pake berlayer2 xD alhasil ak cuma 2 layer aja makeknya, toner + snail ampoule/cream galactomyces :D
    iyaahh beneer banget kulit q jg jd glowy mbak kyk mentereng gtu ya klo kena lampu and gak seberminyak dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah shani, klo acid toner mah better dipake gausah banyak-banyak yah biar ga kering kulitnya hihi. Iya atuh percaya shani mah ga pake apa apa jg udh glowing cling-cling kaaan ;)

      Delete
  2. halo mba nabila, nice post :)
    Kebetulan kulit aku lagi dehidrasi banget dan lagi nyoba 7 skin method nih tapi baru berani 2 layer karena lagi nyari toner lainnya juga untuk kulit aku dan galau mau tonernya apa lol.

    www.lianaeka.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyouu, mba liana :) :)
      Semoga segera nemu toner yg pas yaah.. Kalau suka korean product, dua toner yg aku pake ini recommended dan ternyata banyak jg yg pakai keduanya utk 7 Skin Method hehe.

      Delete
  3. Nyoba 3 lapis aja udah tebel rasanya kalau di Bali yakk. Pengen nyoba pakai toner lain ahhh. Dr dl naksir klairs tapi harganya lumayan hihi

    www.jessicaliani.com

    ReplyDelete
  4. OMG!!! Bia udah jajal whamisaaa!! iyaaa aku juga udah tertarik banget ama 7 skin method ini, liat2 di IG banyak banget yg pake whamisa ya, tapi liat harganya bikin mikir mau belik hehe..review doongs

    ReplyDelete
  5. aku baru tau ada beginian *kudet* tapi dirumah aku cuma punya acid toner ahahaha cobanya lain kali deh, cari toner yg lain dulu XD

    blog.viniamanda.com

    ReplyDelete
  6. Hai mba
    Thanks buat infonya (baru tau><)
    Btw klu tonernya pakai acid dlu, terus ditumpuk sama yg hydrating gpp kali ya :3

    Sf-journaldebeaute.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. emang luar biasa ia skin method korea skincare nya ...

    ReplyDelete
  8. Aku baru 5 hari ngelakuin ini kamu udah update aja XD Aku cuma kuat sampai 4 layer sih. Tapi mau coba sampai 7 biar tau hasilnya XD

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  9. baru tau kalau ada skincare trend kaya gini.. pas baca awal kirain pakai 7 toner itu 7 macam toner (hampir shock kalau mesti beli 7 macam toner hahaha)

    balik kantor langsung liat persedian toner yg ada nih 😄

    melirukman.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. wahh pengen nyoba juga deh, tapi bagian t-zone apa minyaknya bisa berkurang gak ya..

    ReplyDelete
  11. Thx for the nice post! Jadi ga sabar pengen nyoba juga :-D

    ReplyDelete
  12. wahh kalau sampai 7x ribet juga ya kayaknya.. hehe *males*

    ReplyDelete
  13. I’m going to read this. I’ll be sure to come back. thanks for sharing. and also This article gives the light in which we can observe the reality. this is very nice one and gives indepth information. thanks for this nice article... eflornithine

    ReplyDelete