Wednesday 29 June 2016

KIEHL'S MIDNIGHT RECOVERY CONCENTRATE, LOVE AT FIRST NIGHT



Setelah satu bulan tinggal di Bali, kulit wajah saya menjadi kering kerontang dan kusam. Kemungkinan besar kulit saya masih dalam proses adaptasi atau ya memang simply ga cocok dengan udara Bali. Sedih? Banget! Skincare rutin saya pun rasanya tidak begitu memberikan efek alias gak ngaruh.

Akhirnya saya niatkan untuk mencari skincare product baru yang harapannya bisa membantu mengatasi kekeringan dan kekusaman kulit saya. Saya googling beauty blog ini itu, forum ina ini dan nanya kesana kemari. Setelah pencarian panjang, saya putuskan untuk mencoba Kiehl's Midnight Recovery Concentrate (atau biasa disingkat Kiehl's MRC).

Kiehl's MRC merupakan konsentrat yang digunakan pada malam hari, tujuannya adalah untuk repair kulit wajah kita saat bangun di pagi hari. Repair disini dijabarkan oleh Kiehl's Customer Representative (KCR) sebagai proses yang menghasilkan kulit wajah yang lebih sehat, lembut dan glowing. Terdengar menjanjikan ya? 

I'll tell you how it really works for me below.

Sejak pandangan pertama, saya naksir banget sama packaging Kiehl's MRC. Dengan deep blue bottle, Kiehl's MRC tampak elegant. Botol MRC ini dilengkapi dengan pump seperti serum pada umumnya. Setiap botol MRC berisikan 30 ml. 




Ingredients: Caprylic/Capric Triglyceride, Dicaprylyl Carbonate, Squalene, Rosa Canina Fruit Oil, Oenothera Biennis Oil/Evening Primrose Oil, Simmondsia Chinensis Oil/Jojoba Seed Oil, Coriandrum Sativum Oil/Coriander Seed Oil, Tocopherol, Lavandula Angustifolia oil/Lavender Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Linalool, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil/Rosemary Leaf Oil, Citronellol, Geraniol, Lavandula Hybrida Oil, Cucumis Sativus Extract/Cucumber Fruit Extract, Curcuma Longa Extract/Turmeric Root Extract, Limonene, Citral, Sclareolide, Rosa Spp/Rose Flower Oil, Jasminum Officinale Extract/Jasmine Extract, Helianthus Annuus Seed Oil/Sunflower Seed Oil
Kalau dibaca secara seksama, Kiehl's MRC ini terbuat dari banyak jenis oil ya. Mungkin bagi yang memiliki oily skin akan ngeri pada awalnya. Saya juga yang memiliki kulit normal kombinasi pada awalnya sedikit ragu, khawatir apabila penggunaan MRC akan membuat kulit semakin berminyak. 

Faktanya, jika menggunakan facial oil yang berkualitas dan sesuai dengan kulit, oil tersebut justru akan membuat kulit lebih lembab dan memberikan glow (not grease). Bahkan pada webistenya, Sephora menyatakan bahwa, "we can fight oil with oil!". No worries, then.

Dari sekian banyak kandungan MRC, Kiehl's memberikan highlight pada tiga item yaitu Evening Primrose, Lavender Essential Oil dan Squalane.
Evening Primrose Oil is an effective on skin barrier repair and boosting radiance.
Lavender Essential Oil helps soothe inflamed or irritated skin while helping reduce skin blotchiness for a more even look. Creates a brighter and more radiant look to skin.
Squalane. A signature Kiehl’s ingredient, Squalane is a botanical lipid that is similar in molecular structure to natural skin lipids. It has an exceptional affinity to skin, and because it’s easily absorbed, Squalane helps restore skin’s natural moisture balance to keep it extra soft and supple
Personally saya paling suka dengan kandungan lavender oil. It smells so nice and gives a calm effect to me.

Pada kemasan MRC terdapat keterangan paraben free dan mineral oil free. Good news for me, karena saya sekarang mulai menghindari skincare dan kosmetik yang memiliki kandungan paraben. Bagi yang tidak familier dengan paraben, saya coba jelaskan secara singkat yah. 

Paraben adalah senyawa kimia yang mengandung asam para-hidroksibenzoat, senyawa ini ada yang alami ada pula yang sintetis. Paraben banyak digunakan sebagai pengawet dalam skincare, kosmetik, obat, bahkan makanan. Kenapa saya menghindari senyawa ini? Karena paraben memberikan resiko bagi kesehatan jika terakumulasi di tubuh dalam jumlah banyak. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan adalah kanker payudara. 

Bukan berarti setiap produk yang mengandung paraben akan mengakibatkan kanker, karena pada dasarnya produk yang beredar secara legal pasti sudah mengikuti batas kandungan yang ditetapkan BPOM. Hanya saja, apabila kita menggunakan beberapa produk berparaben setiap hari, tanpa kita sadari jumlah paraben yang masuk ke tubuh kita akan menumpuk. Maka dari itu lebih baik kita hindari 100% kan. :)

Kembali ke pembahasan Kiehl's MRC yuk. Dalam skincare regime saya, Kiehl's MRC ini saya gunakan pada PM routine (sesuai namanya) sebagai facial oil yang menggantikan moisturizer. Biasanya saya melalui step cleansing-toner-essence-eye cream dahulu sebelum menggunakan MRC.

Cara pakai dari MRC adalah sebagai berikut :

  • Teteskan MRC pada tangan yang bersih sebanyak 2 - 3 tetes
  • Tekan dan gosok lembut pada telapak tangan
  • Usapkan pada seluruh bagian wajah sambil diberi pijatan ringan
  • Bonus : hirup aroma MRC pada telapak tangan, wanginya menenangkan dan nyaman sekali lho

Sesaat setelah menggunakan MRC, wajah akan terlihat berminyak. Tak perlu cemas, setelah 5-10 menit minyaknya akan segera menyerap kok.





And now.. Let's talk about the result.

Setelah pemakaian pertama, saya langsung merasakan efeknya saat bangun pagi. Kulit terasa lebih kenyal dan lembab. Aneh tapi nyata. Saya sendiri belum pernah merasakan efek instan dari suatu skincare. It takes 1-2 weeks, minimal, to get the effect.

Sekarang setelah 3 bulan pemakaian, kulit saya yang awalnya kering banget sekarang makin membaik. I got a radiant complexion by each morning. Saya paling mengandalkan Kiehl's MRC pada malam-malam PMS. Malam dimana kulit terasa kering dan muncul jerawat plus bruntus nakal. Saya sering sekali malas untuk mengoleskan anti-pimple gel, makanya saya menggantungkan harapan pada MRC ini. Hasilnya? Kalau disiplin (ya, saya kadang malas melakukan PM routine kalau kecapekan :p), jerawatnya akan perlahan kempes dan tidak akan meradang. Jadinya tidak perlu tuh yang namanya gatel untuk pencet jerawat. After all, i wanna announce that i deeply in love with Kiehl's Midnight Recovery Concentrate! 

Ada fakta yang baru saya sadari sebulan terakhir. Kiehl's MRC tidak bisa saya gunakan bersamaan dengan Kiehl's Iris Extract Essence. Wajah saya akan timbul merah-merah jika keduanya saya pakai di malam yang sama. Saya kaget setengah hidup saat muka saya merah dan langsung mencuci muka. Sebagai upaya mencari tahu penyebab merah di kulit wajah, saya mencoba kombinasi dua skincare setiap malam untuk melihat reaksi wajah saya. Dan ternyata hasilnya berkata demikian, sadly my Kiehl's product should be separated. Jika saya akan menggunakan Kiehl's MRC, saya harus menyampingkan Kiehl's Iris Extract atau simply menggunakan essence lain.

__

Setiap botol MRC harganya IDR 720K (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Cukup mahal untuk facial oil sebanyak 30 ml, tapi it's really worth it. Penggunaannya yang hanya dua tetes di malam hari membuat satu botol Kiehl's MRC bisa awet sampai setahun lebih. Saya sudah menggunakan tiga bulan dan isinya baru berkurang seperenamnya.

Ada yang sudah coba juga? Kalau penasaran, kalian bisa datang ke store Kiehl's untuk konsultasi skincare condition sekaligus minta sampel. That's why I love Kiehl's, they are generous in giving sample to its customer. :)
__

Kiehl's
Instagram : @kiehlsid 

11 comments:

  1. Eh iya yah mereka generous ngasih sample ke konsumen? Jadi semangat (?) *anaknya terlalu suka gratisan.
    Biaaa next post about your AM-PM routine plss :) Am curious about it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Setiap ke counter Kiehl's aku pasti selalu bawa pulang sampel bejibun, ver.. Seneng deh hehe. You should try comin' too!

      Hii, baiklaah! Udah rencana sih mau post skincare routine-ku. Di IG kan baru aku share yg PM yahh (which shared to FB, too). Nanti klo yg AM udah dipublish, i'll tell you hehee. Thanks for always reading my post yah neng, it means a lot :D

      Delete
    2. Iya aku ga punya instagram dan FBku hidup enggan mati nggak mau ._. So I must have been missing it.

      The pleasure is mine~ I've been into skincare lately anyway (mostly Japanese though, hyaluronic & tranexamic acid FTW). Seneng juga baca review produk Western di sini, lumayan buat diversifikasi heheh. Keep it up yee

      Delete
    3. After knowing those fact.. Nanti aku mention kamu ya setiap aku review western skincare dan nanti pas post AM-PM routine hihi *wink*

      Delete
  2. Hai Nabila,
    Aku selalu maju mundur beli ini soalnya harganya pricey. Lucky me mampir di blog ini infonya detail :)

    Regards,
    www.zeillamudev.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Zeilla, so happy if it helps. Aku pun awalnya ragu, tapi setelah nyoba ga nyesel sama sekali. Recommended! :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mba biaaa aku sekarang jadi buka blognya mba bia, senangnya bisa dapat banyak informasi ttg skincare. karena aku lg mau coba face oil kiehl's. Thank you mba bia blognya sangat membantuuu, mulai skrg aku jd menunggu-nunggu postan mba bia, yeaay!!!

    ReplyDelete
  5. Ahh terimakasih reviewnya kak!
    btw, ini bisa dipakai setiap malam kak? lalu setelah gunain ini masih perlu moisturizer malam lagi atau ngga soalnya ini kan semacam oil gitu..?

    ReplyDelete