Friday 21 July 2017

A VISIT TO TOKO ORGANIC BANDUNG


Setahun terakhir ini saya mulai tertarik dengan produk dengan embel-embel natural dan organik. Kalau diperhatikan, lumayan banyak juga review tentang produk natural di blog ini. Mulai dari produk The Bath Box, Sensatial Botanicals, Trilogy, Nuxe, dan lain-lain. Seluruhnya rata-rata saya beli melalui online shop di Instagram atau website brand. Rasanya ingin sekali datang ke toko yang menjual produk natural dan organik; ingin lihat wujud produknya, mencium aromanya secara langsung. 


Semenjak kembali tinggal di Bandung beberapa bulan terakhir ini, saya sudah ancer-ancer untuk mengunjungi sebuah toko yang menjual produk serba natural dan organik. Namanya Toko Organic Bandung. Sebelumnya saya sudah sering lihat akun instagram dari Toko Organic Bandung ini. Kalau dilihat-lihat variasi produknya cukup banyak; mulai dari bodycare, skincare sampai superfood. Nah akhirnya, saya sudah kesampaian juga kesana. Yass! 

Toko Organic Bandung berlokasi di Jalan Cimanuk, dekat dengan Jalan Riau yang dikenal sebagai salah satu pusat factory outlet di Bandung. Tokonya berada di dalam gedung perkantoran Office & Beyond, tepatnya di unit 118. Jadi memang kalau dari jalan raya tidak akan terlihat langsung. Saya pun saat pertama kali kesana dibantu oleh satpam setempat untuk dapat menemukan Toko Organic.

Begitu sampai di dalam toko, saya mendadak happy! Tokonya memiliki ambience yang sangat nyaman dan kekinian. Terdapat banyak jendela yang membuat suasana lebih terang juga segar, karena terasa kalau udara tersirkulasi dengan baik. Selain itu, ada spot fotogenic yang sepertinya akan cantik dijadikan latar foto (tetep yah hahaha). Ada pula kursi kayu di tengah ruangan, yang bisa digunakan untuk duduk dan beristirahat kalau-kalau kaki pegal karena capek memilih. Eh, ini gak hiperbola lho, saya sendiri menghabiskan waktu satu jam lebih untuk melihat-lihat hingga memutuskan barang apa yang akan dibeli. Bener-bener betah!



 __

Sedari awal, saya sudah memiliki list apa saja yang akan saya beli disana. Gak banyak, hanya deodorant dan sabun mandi saja. Saya bermaksud untuk mencoba deodorant dan sabun mandi yang bebas dari zat-zat kimia yang dapat beresiko bagi  kesehatan. Untuk deodorant saya mencari yang bebas akan kandungan paraben, alumunium dan silica. Adapun untuk sabun saya menghindari kandungan SLS serta triclosan. Sejak hamil, saya memang menjadi lebih peduli tentang kesehatan. Semoga ga cuma selama hamil saja dan bisa seterusnya ya!

P.S.: Semua ini merupakan preferensi pribadi saya yah. Jadi tidak mutlak bahwa deodorant dan sabun mandi yang mengandung kandungan di atas pasti buruk. Prinsipnya sama seperti orang-orang yang memilih untuk tidak makan mie instan; ini bukan berarti mie instan 100% berbahaya. Namun alangkah baiknya jika konsumsinya dikurangi. :)

Setelah melihat-lihat opsi yang tersedia sambil intip-intip review di internet, akhirnya saya menjatuhkan pilihan kepada dua produk ini :

Nature's Gate Deodorant Stick (Winter Clean )

Deodorant dari Nature's Gate ini saya pilih karena komposisi bahannya yang alami dan bebas bahan-bahan berbahaya. Pada kemasannya dinyatakan bahwa deodoran ini alumunium free, vegan, non GMO dan soy free.


Adapun kandungannya sebagai berikut (dikutip dari website resmi Nature's Gate): 
Propylene Glycol, Water (Eau), Sodium Stearate, Glyceryl Laurate, Glycerin, Cucumis Sativus (Cucumber/concombre) Fruit Extract, Lilium Candidum (Madonna Lily/lys blanc) Bulb Extract, Pogostemon Cablin (Patchouli) Leaf Extract, Santalum Album (Sandalwood/bois de santal) Wood Extract, Styrene/Acrylates Copolymer, Stearyl Glycyrrhetinate.
Nature's Gate Winter Clean Deodorant Stick tidak memiliki aroma khusus; baunya netral. Pada pemakaian pertama, saya sudah merasa cocok karena Nature's Gate Winter Clean Deodorant Stick ini nyaman digunakan, tidak lengket dan mampu tahan dari pagi sampai sore. Alhamdulillah yah gak salah pilih hehe.

Wangsa Jelita Face & Body Soap Bar (Rose)

Sejak nge-hits di Instagram, saya penasaran sekali ingin mencoba produk dari Wangsa Jelita. Dari seluruh produknya, saya ngincer banget rangkaian beauty oil mereka. Saat ke Toko Organic, saya menemukan line up beauty oil dari Wangsa Jelita yang cukup lengkap. Rasanya gatal sekali ingin saya icip! Namun karena saya sudah memiliki persediaan beberapa body oil di rumah dan kebutuhan saya saat itu adalah sabun mandi, maka saya menggugurkan niat untuk icip beauty Oil dari Wangsa Jelita. Maka dari itu saya membeli bar soap-nya yang bebas dari SLS dan diklaim bebas dari bahan kimia berbahaya lainnya.


Dari beberapa tipe dan aroma, saya memilih yang mawar. Alasannya karena simply saya suka dengan aroma mawar. Adapun komposisinya sebagai berikut: 


__
Setelah to buy list saya terpenuhi, saya melanjutkan melihat-lihat produk lain yang ada di Toko Organic Bandung. Pilihan produk organik yang dipajang disana sangatlah banyak. Mulai dari shampoo, lotion, chia seed, granola, gula organik, madu, dan lain-lain. Senang sekali rasanya ada toko yang menjual produk organik selengkap ini di Bandung! 





Bagi kalian yang senang produk organik dan rutin mengkonsumsi bahan makanan organik, pasti kalap deh kalau mampir kesini. Saya juga mau mulai makan makanan organik yang sehat nih. Berhubung sekarang saya sudah kembali ke Bali, saya akan melanjutkan hunting produk organik di Bali. Ada yang tertarik kalau saya menulis tentang kunjungan saya ke toko organik lainnya di Bali?

Oya hampir lupa, saat kunjungan kesana saya mengobrol singkat dengan pemilik dari Toko Organic Bandung ini. Beliau mengatakan kalau ada rencana untuk membuka cabang di Jakarta dan Bali lho. :)
__

Toko Organic Bandung
Office & Beyond Unit 118
Jl. Cimanuk no. 6 
Telp. (022) 85880053
Instagram : @toko_organic 

No comments:

Post a Comment