Sunday 8 October 2017

PREGNANCY UPDATE : 27 WEEKS


Hello, 27 weeks! 

Wow sebentar lagi saya akan memasuki trimester ketiga nih. How time flies! Bayik kicik dalam perut sudah semakin besar, diikuti dengan saya yang juga semakin besar. Ahaha. Di minggu ke-27 ini, saya ingin menceritakan lagi beberapa update terkaitan kehamilan ini nih.

Berat Badan

Sejak mengetahui positif hamil, nafsu makan saya bisa dibilang stabil. Sampai sekarang pun saya merasa tidak ada kenaikan yang terlalu drastis. Habis sejak sebelum hamil pun saya makannya sudah terbilang banyak banget. Teman-teman yang kenal saya pasti setuju hahaha. Kalau dibilang makannya lebih banyak, jelas jadi bertambah porsinya sih kan ada makhluk kecil yang ikutan makan juga. Tapi ga serta merta jadi makan dua porsi juga sih haha. Kalau terlihat jadi ngemil melulu, ya memang saya pada dasarnya doyan ngemil sejak dahulu kala. Makanya rada shock juga saat lihat kenaikan berat badan. Kok naiknya drastis sekali ya? Huaa! 

Sebenarnya saya mencoba mengontrol agar kenaikan berat badan per bulannya maksimal 2 kilogram saja. Nyatanya? Susah! Terutama sebulan terakhir ini, saya naik 4 kilogram sekaligus lho. Hal ini sempat saya keluhkan ke suami dan mama, eh malah saya yang diomeli. Hahaha. Saya diingatkan kalau tidak perlu mengkhawatirkan hal seperti ini. Yang paling penting adalah memastikan gizi yang diterima dede bayi selalu tercukupi dengan baik. Saya langsung tersentil. Iya ya, ngapain juga sih saya centil memusingkan berat badan. Lebih baik tenaganya dialihkan ke usaha makan makanan yang sehat dan bergizi. 


Pregnancy Brain

Saya sempat browsing untuk mencari informasi tentang pregnancy brain. Saya penasaran pregnancy brain itu mitos atau fakta. Lalu ternyata hasilnya.. Fakta! Saya baca disini. Hahaha saya lega deh jadinya hahaha. Jadi ceritanya, semenjak hamil ini saya jadi lebih pelupa. Dulunya juga sudah pelupa, sekarang makin menjadi-jadi. Saya sering ada pada keadaan dimana saya beranjak untuk mengerjakan sesuatu lalu 10 detik kemudian saya terdiam. Mikir, "Tadi mau ngapain ya?". Hal ini gak terjadi sekali-dua kali. Gak perlu dijabarkan lah ya berapa kali saya ketinggalan barang saat pergi keluar rumah.

Dengan adanya kondisi ini, saya jadi membiasakan untuk mencatat segala sesuatunya. Entah di notes handphone, jurnal atau chat suami untuk minta diingatkan. Selain itu saya selalu mengingatkan diri untuk cek beberapa hal sebelum meninggalkan rumah seperti listrik, kompor dan kunci rumah. Sedekat apapun perginya, meskipun hanya ke warung depan rumah. Soalnya ngeri banget kalau lalai ya kan. 

Clingy Wife

Dari judulnya saja sudah kebayang kan yang mau saya ceritakan. Malu sih bilangnya, tapi selama hamil ini saya jadi jauh lebih apet dengan suami. Hahaha. Pokoknya nempel dan pepet suami terus deh kemana pun dia pergi. Setiap suami berangkat ke kantor bawaanya mellow sambil diselipi pesan, "Kalau bisa pulang cepet ya, sayang!". Menjelang sore saya sudah mulai rewel menelpon bertanya, "Kapan pulang?". Nyebelin banget ga sih? Hahahaha ya gimana dong habisnya kangen berat :) :)

Begitu suami sampai rumah, saya ikuti kemana-mana. Dia nonton TV, saya ikut nonton. Dia main hp di kamar, saya gelendotin. Dia pamit beli air mineral galon doang, saya teriaki "Jangan lama-lama ya!". 

Saya yakin saya bukan satu-satunya yang seperti ini. Ya kan buibu? Hahaha cari temen. Selain perilaku clingy ini, saya juga pernah dengar teman yang justru kebalikannya. Selama hamil dia justru malas sekali lihat muka suami, malah katanya cium bau parfumnya pun sebel. Kocak! Ada-ada saja yah, ibu hamil ini memang unik-unik deh hehe.


Maternity Pants

Maternity clothes merupakan kebutuhan ibu hamil yang selalu saya kesampingkan di awal kehamilan. Kecuali undies sih, kalau undies saya sudah beli bra dan panties baru sejak trimester awal. Kalau untuk baju main, pertimbangannya adalah karena baju saya memang mayoritas longgar-longgar semua. Bawahan pun didominasi dengan kulot atau rok karet yang gombrang; karena pada dasarnya saya kurang senang menggunakan jeans. Jadi hampir semua baju dan celana masih bisa terpakai selama kehamilan ini. Sampai akhirnya kemarin saya iseng membeli celana hamil saat pulang ke Bandung. Tepatnya di Moms To Be Shop, Jl. Soka Bandung. Atau bisa cek instagramnya yaitu @momstobeshop, bagi yang prefer belanja online atau berada di luar Bandung.

Setelah pemakaian pertama, semuanya berubah. Celana hamil yang saya beli ini super nyaman dan saya langsung bisa merasakan bedanya! Terutama pada bagian perut. Jadi menyesal kan kenapa ga beli sejak perut mulai membuncit. Saya berencana untuk membeli satu celana lagi nih. Bagi ibu-ibu hamil lain di luar sana, it's OK kok untuk memanjakan diri dengan membeli beberapa pasang maternity clothes. Jangan kayak saya yang sotoy sok-sok ga butuh huahaha. Selama kehamilan ini kan memang badan terasa lebih gak nyaman, nah pakaian yang enak dipakai akan membantu mengurangi ketidaknyamanan itu insya Allah. :)

Soundrenaline

Percaya gak percaya, saya turut hadir lho ke event musik Soundrenaline yang diadakan di Garuda Wisnu Kencana, 9 September 2017 kemarin. Awalnya sempat ragu, saya mikir bakalan sanggup gak yah ikut nonton konser musik dengan kondisi hamil begini. Suami saya pun memastikan berkali-kali apakah saya benar ingin kesana. Setelah berdiskusi, akhirnya kami sepakat untuk hadir di Soundrenaline hari pertama. Tentunya dengan catatan, kami datang tidak usah terlalu awal dan saya harus langsung lapor kalau ada tanda-tanda kelelahan.

Kami sampai di GWK sekitar pukul 21.30 WITA. Disana kami menonton tak banyak artis pengisi acara; hanya Naif, Jet dan Dipha Barus saja. Selama pertunjukan, saya lebih banyak duduk dan suami siaga berjaga-jaga di sebelah. Walau sempat badmood karena saya gak kebagian nonton Maliq  & D'Essential yang merupakan tujuan utama saya ke Soundrenaline, malam itu cukup menyenangkan. Sing along dengan kerumunan memang asyik ya hahaha. Btw, kalau saya perhatikan penonton di kanan-kiri saya mayoritas masih muda dan enerjik sekali. Bumil berasa muda lagi deh diantara para ABG itu hahaha. It was a fun experience, tho!

Setelah menonton Soundrenaline, saya menyimpulkan kalau hamil itu bukan berarti jadi mustahil nonton konser. Asalkan kita bisa membaca kondisi tubuh; kalau sudah lelah ya harus istirahat. Selain itu pastikan untuk sedia air minum, jangan sampai kehausan atau ngerinya dehidrasi. Lalu posisi berdiri atau duduk pun perlu diperhatikan; sebaiknya cari yang tidak terlalu padat dan sumpek. Saya sendiri kemarin mencari posisi duduk yang masih lowong, jadi bisa bernapas dengan nyaman tanpa takut sesak. Pokoknya sebisa mungkin kerja sama dengan suami. Jangan sok kuat hihii ;)

Baby Name

Sejak trimester awal, suami sudah nyeletuk kalau dia yang akan hunting nama. Saya iyakan saja, yang penting namanya harus baik; dari segi pengucapan maupun makna. Nama kan doa bagi pemiliknya ya. Intinya sih saya akan bebaskan suami mencari namun saya tetap memegang fungsi kontrol lah hahaha. 

Ternyata mencari nama itu sulit yah, saking banyaknya pilihan! Saya sendiri inginnya nama yang baik artinya, terdapat unsur Islami, serta gak pasaran. Poin terakhir saya sertakan karena saya menyadari terdapat beberapa nama bayi yang saya lihat saat ini memang sedang hits. Mungkin seperti nama saya di jaman saya lahir dahulu kali yah. Sekarang ini banyak sekali kan wanita seumur saya atau lebih tua/muda sedikit yang namanya Nabila. Ya begitulah kurang lebih gambarannya hahaha. 

Saya dan suami sadar kalau mencari nama perlu pertimbangan yang masak. Jadi kami akan memikirkannya dengan hati-hati. Walau tetap harus set deadline sih, jangan sampai saat lahir kami masih kebingungan. Mohon doanya ya teman-teman supaya saya dan Sony segera menemukan nama yang terbaik bagi calon anak kami ini. Amin!

Persiapan Belanja Kebutuhan Bayi

Minggu depan kehamilan saya sudah memasuki 28 minggu; ini artinya saya sudah bisa mulai belanja ini-itu. Yeay! Setelah mengetahui jenis kelamin dede, sekarang saya sudah bisa mulai fokus. Saat belum tahu kan saya mupeng ingin beli semuanya, di mata saya perintilan untuk baby girl dan baby boy sama menggemaskannya! Hahaha.

Menjelang masa-masa shopping ini, rasanya antara senang campur bingung. Bingung soalnya saya masih linglung harus mulai dari mana nih. Saya sudah punya list yang didapatkan dari berbagai sumber, tinggal disortir saja mana yang harus diprioritaskan untuk dibeli duluan. Walaupun kebayang akan riweuh karena konon katanya kebutuhan bayi itu sangat banyak sekali, saya semangat banget nih. Bismillah! Kalau kalian punya rekomendasi tempat belanja, sharing yuk! Hehe.

Read more : My Skincare Routine During Pregnancy
__

Wah. Lumayan panjang juga ya ocehan saya di postingan ini. Hehe. Terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkenan membaca ya! Have a nice day! :)

9 comments:

  1. Ah iya zaman hamil jd suka lupa, kayaknya pernah nglakuin hal ini tapi ternyata kok belum. Naruh2 barang lupa. Ternyata fakta ya :D

    ReplyDelete
  2. waaah kebawa happy nya baca post ini ^^ jadi gak sabar juga nih pengen uwel2 baby-nya..sehat terus mom n baby, happy terus yaa

    ReplyDelete
  3. Bia aku bahkan belum mulai belanja-belanja nih kena mageeeeeeeer, tapi harus dikerjain sebelum makin engap wkwk

    ReplyDelete
  4. Seru banget sih baca postingan ini, jadi serasa cerita-cerita sama bia.

    sehat terus bumil dan lancar yaaah . amiin ya robbalalamin.

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. wahaaa... akhirnya aku punya inspirasi nulis tentang bumil :-D
    kayaknya gak boleh kalah panjang dan menghipnotis ceritanya nih...

    mampir deh ke blog Rizky & Berlian

    ReplyDelete
  6. Kalau sekarang sudah melahirkan, ya? :)

    ReplyDelete
  7. hihihi asyikkk udah ketemu sama shakiel :D welcome to the world

    ReplyDelete
  8. terimakasih infonya. https://www.garmentsemarang.com

    ReplyDelete
  9. terimakasih atas infonya semuga sukses selalu. https://shopee.co.id/Madu-Nafsu-Makan-Anak-Sehat-SQUABUMIN-BPOM-Asli-Bantu-Atasi-Speach-Delay-Si-Kecil-i.544441521.11060788118

    ReplyDelete