Tuesday 2 August 2016

NEVER LEAVE HOME WITHOUT SUNSCREEN



Di salah satu episode #IbuIbuHot, saya ingat sekali dengan salah satu part dimana Lizzie Parra bilang, "Jangan keluar rumah sebelum pakai sunscreen! No way!"

Well, couldn't agree more!

Bagi yang telah rutin menggunakan sunscreen sehari-hari, lucky you. Kalau saya sih terhitung telat banget. FYI saya baru rajin pakai sunscreen sekitar empat bulan terakhir ini. Dulu saya pikir, sunscreen cukup dipakai kalau memang akan ada kegiatan outdoor seperti berenang saja. Berhubung sekarang saya tinggal di Bali, which is cuacanya terik sekali, saya mulai sadar kalau perlu nih pemakaian sunscreen untuk sehari-hari. Soalnya disini radiasi matahari siang hari sangat intens, saya terkadang merasa panasnya sampai membuat kulit perih (needless to say, i turned into a steam crab, too). Ouch.

Dari hasil baca-membaca, sunscreen memang jadi hal wajib yang perlu dikenakan sebelum memutuskan keluar rumah, terutama di siang hari.

Kenapa wajib?

Sunscreen merupakan produk yang dapat membantu melindungi kulit kita dari bahaya radiasi sinar UV-A dan UV-B yang dipancarkan oleh matahari. Sinar UV-A dan UV-B ini dapat berbahaya bagi kesehatan apabila diterima tubuh dalam paparan berlebih. Salah satu efek yang bisa ditimbulkan adalah penyakit kulit seperti Melanoma atau Photodermatitis. Dengan menggunakan sunscreen, kita secara langsung telah mengurangi resiko bahaya penyakit kulit atau bahkan yang paling mengerikan, kanker kulit.

Sudah cukup teryakinkan kah bahwa sunscreen merupakan produk yang penting banget?

Kalau alasan diatas masih kurang bisa meyakinkan kalian, informasi ini rasanya bisa lebih memantapkan hati untuk start using sunscreen. Selain membantu mencegah kanker kulit, sunscreen juga berperan sebagai agen anti-aging. It will help your skin looks younger. Sunscreen dilansir dapat memperlambat munculnya wrinkles yang disebabkan proses penuaan dini.

Sekarang sudah kebayang kan betapa pentingnya sunscreen ini. :))

Setelah niat untuk menggunakan sunscreen sudah terkumpul, hal yang yang perlu dipertimbangkan lagi diantaranya adalah kandungan SPF yang ada pada sunscreen tersebut. Apa sih SPF itu? SPF merupakan singkatan dari sun protection factor; semakin besar SPF maka semakin tinggi pula proteksi yang didapatkan. Di luar sana, tingkat SPF yang ditawarkan umumnya berkisar antara 15 sampai 50+.

Mungkin ada yang berkesimpulan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF setinggi mungkin, let's say SPF 75. Perlu diketahui juga nih, kandungan SPF yang terlalu tinggi pun tidak baik bagi kulit. SPF yang terlalu tinggi dapat merusak jaringan kulit, gangguan hormon, atau pun timbulnya alergi. Hiyy, ngeri kan. Intinya sih, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik hehe. Ya, paling tidak pilih yang mengandung maksimal SPF 50. Saya sendiri memilih untuk menggunakan sunscreen dengan nilai SPF tengah-tengah, yaitu SPF 30. Pertimbangannya, saya bukan individu yang terus-menerus beraktivitas di luar rumah, which terpapar sinar matahari non-stop. Jadi rasanya SPF 30 pun cukup bagi saya. Beda cerita kalau pekerjaannya dilakukan outdoor, sunscreen dengan SPF 50 akan lebih cocok, misalnya bagi para beach boy. Huehehe.



Saya menggunakan dua jenis sunscreen, Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 untuk kulit wajah dan Parasol Sunscreen Lotion SPF 30 untuk seluruh tubuh.


Skin Aqua UV Moisture Gel selalu saya gunakan setelah ritual skincare di pagi hari, sebelum menggunakan make up. Skin Aqua ini bertekstur semi-cair, tidak terlalu cair tapi tidak kental juga. Setelah diaplikasikan ke wajah, terlihat cukup 'mengkilap' namun lama-kelamaan semakin terserap jadi gak perlu khawatir wajah akan tampak greasy. Setelah ditimpa BB cream atau bedak pun beres hihi. Selain mengandung SPF 30, sunscreen ini pun mengandung Improved Hyaluronic Acid (melembabkan dan melembutkan kulit) serta vitamin B5 - C - E yang menutrisi kulit.


Tekstur Skin Aqua Moisture Gel
Hasil pengaplikasian Skin Aqua Moisture Gel
Parasol merupakan merek sunscreen yang sudah dikenal sejak jaman dahulu di Indonesia. Dari sekian banyak jenisnya, saya menggunakan Parasol Sunscreen Lotion with Vit.E and Aloe Vera SPF 30. Sunscreen lotion ini menurut saya sangat nyaman digunakan dan tidak lengket. Selain itu Parasol sunscreen ini bersifat waterproof, jadi bisa digunakan untuk berenang juga yang merupakan olahraga favorit saya.



Kedua sunscreen diatas diklaim dapat melindungi kulit dari sinar UV-A dan UV-B dan mereka sudah setia menemani saya selama empat bulan terakhir. Untuk ukuran drugstore product, menurut saya sangat recommended. Dengan harga affordable, kulit pun bisa terlindungi dengan baik. Yay!

Bagaimana dengan kalian? Sudah memutuskan akan menggunakan susncreen setiap hari kan? :))

4 comments:

  1. Nice info biaaa.
    Nice to read also.
    Gemes gitu besok langsung pengen cari sunblock.
    Secara saya pun gak pinter ngurus muka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, kak witaaaa :))
      Yes, you should kak! Hehe. Small step coba sunscreen dulu, siapa tau besok-besok ketagihan nyicip skincare ky aku :p

      Delete
  2. Jadi inget ,kmrn diingetin dokter.

    "Mentang2 uda resign, trus sering di rumah. Sunscreennya jangan trus gk dipake ya."

    Karena, sinar uv ini tembus kaca loh. Dan dibandingkan dengan cahaya matahari di luar, itu sama aja trnyta. Huhuhu kecian si kulit ini :D

    ReplyDelete
  3. pemakaian sunscreen untuk wajah dan badan memang penting sekali ya..

    ReplyDelete