Sunday 28 August 2016

I'M ADDICTED TO FACIAL MIST AND I THINK YOU SHOULD START USING IT TOO



Within this post, i'd love to thank to all facial mist companies!

Saya gak bermaksud hiperbola; saya hanya ingin mengekspresikan kecintaan terhadap facial mist. Saat ini facial mist menjadi salah satu item kecantikan yang selalu saya bawa kemana-mana. Pokoknya pantang pergi sebelum memasukkan facial mist ke tas. Hihi.

Kalau kalian ada yang belum pernah menggunakan facial mist, mungkin akan bertanya-tanya mengapa sih saya 'segitunya'. Maka dari itu mari sini saya jabarkan beberapa manfaat dari facial mist yang saya tahu ya, supaya bisa terbayang kok saya bisa cinta banget. Hehe :))
  • Hidrasi. Jika digunakan dengan baik dan benar, facial mist dapat menghidrasi kulit kita sepanjang hari.
  • Menjaga dan melindungi kulit. Facial mist yang mengandung mineral baik dapat menjaga keseimbangan pH kulit, selain itu juga dapat melindungi kulit dari bahaya polusi di sekitar.
  • Mengatasi iritasi kulit. Saat terdapat iritasi akibat waxing, shaving, ataupun terpapar sinar matahari berlebih, facial mist to the rescue! 
  • Setting make up. Facial mist dapat digunakan sebelum maupun sesudah make up. Jika digunakan sebelum make up, facial mist akan membuat kulit menjadi lebih 'siap' dan make up akan lebih menempel dengan baik. Jika diaplikasikan setelah make up, facial mist akan memberikan efek dewy dan glowing.

Facial mist bukanlah produk yang asing untuk saya. Saya sudah menggunakannya sejak kuliah (5 - 6 tahun yang lalu) walaupun dulu belum se-addicted sekarang. Awalnya saya menggunakannya hanya coba-coba, itu pun atas dasar korban kemakan drama Korea. Hahaha. Saya ingat pada drama tersebut terdapat scene dimana seorang karakter menyemprotkan facial mist ke wajahnya saat sedang kesal, kemudian seketika moodnya membaik setelah spraying. Dipikir-pikir lebay ya haha namanya juga drama!

Saya yang saat itu masih sangat-sangat gak paham yang judulnya skincare ataupun make up, langsung terkesima sekaligus bertanya-tanya. Lalu saya pun melakukan pencarian dan akhirnya pencarian saya berakhir di salah satu drugstore di Bandung. Saat itu lah saya mencoba menggunakan facial mist untuk pertama kalinya. 



Facial mist yang pertama kali saya coba adalah Avene Thermal Spring Water. Btw, dulu Avene sulit sekali dicari di Bandung! Akhirnya saat botol Avene pertama saya habis, saya mencoba Evian Facial Spray karena brand ini yang paling mudah ditemukan di drugstore terdekat. Kalau sekarang sih enak ya kita bisa belanja online, misalnya di Sociolla. Jadi gak perlu repot-repot hunting kesana-kemari.

Sejak saat itu saya selalu menyediakan stok, untuk digunakan saat botol yang di tas sewaktu-waktu habis. Eh.. Kok kesannya saya jadi seperti yang ketergantungan ya? Memang iya sih. Tapi kalau ketergantungan dalam konteks yang baik gak apa-apa dong ya. Hahaha.

Nah, facial mist yang belakangan ini jadi favorit saya adalah Bioderma Hydrabio Brume. Saya mendapatkannya dari Sociolla Box bulan Juni 2016 kemarin. Saya semangat banget untuk nyoba facial mist dari Bioderma ini! Soalnya selama ini saya super nge-fans sama micellar water mereka. Jadi saya berharap kalau facial mist ini akan memiliki kualitas yang sama bagusnya.


Kesan pertama saat saya mencoba Bioderma Hydabio Brume, rasanya segar dan.. asin. Hahaha. No wonder sih kalau sedikit terasa asin, rasa asinnya berasal dari kandungan mineral dan garam alami. 

Untuk ingredients lengkapnya sebagai berikut:
Aqua/Water/Eau, Zinc Sulfate, Mannitol, Xylitol, Rhamnose, Fructooligosaccharides, Potassium Phosphate, Magnesium Sulfate, Sodium Citrate, Calcium Chloride, Sodium Bicarbonate, Sodium Chloride, Citric Acid, Disodium Phosphate, Potassium Chloride, Nitrogen
Saya memperhatikan beberapa kandungan pada komposisi yang tertera pada kemasan. Zinc sulfate, mineral ini memiliki wound-healing properties yang berfungsi untuk mengatas jerawat. Mannitol dan Xylitol, merupakan salah satu senyawa alkohol yang biasanya digunakan sebagai pengganti gula pada makanan, bermanfaat sebagai moisturizing agent pada kulit. Lalu ada pula Rhamnose, yang dapat menstimulasi produksi kolagen alami di kulit sehingga memperlambat penuaan kulit.

Selain memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kulit, Bioderma Hydrabio Brume ini juga non-comedogenic, hypoallergenic, fragrance-free dan preservative-free. Jadi facial mist ini aman untuk digunakan seluruh kalangan; mulai dari para bayi hingga orang dewasa.

How can i not excited to use this? :))

Dalam keseharian, saya bisa menyemprotkan facial mist bisa sampai lima kali sehari lho. 
  • Saat bangun tidur. Saya hampir selalu menyemprotkan facial mist setiap baru bangn tidur. Ini membantu saya untuk lebih melek dan segar. (Psstt.. Kebiasaan jelek saya itu terkadang kalau bangun pagi malah ketiduran lagi hahaha)
  • Setelah cleansing pagi dan malam. Tepat sebelum memakai toner, saya menyemprotkan Bioderma Hydrabio Brume terlebih dahulu.
  • Siang hari setelah beraktivitas. Bali itu panas dan terik bangeeet. Jadi supaya kulit saya tetap segar dan tidak dehidrasi, saya selalu menyemprotkan facial mist setelah beraktivitas. Tapi perlu diingat ya, jangan disemprotkan saat baru saja terpapar matahari dan kondisi kulit sedang sangat panas. Kalau bisa tunggu dulu, sekitar lima menit.
  • Campuran facial oil. Kadang-kadang saya juga mencampurkan facial mist dengan facial oil supaya essential oil atau kandungan lainnya pada facial oil terserap lebih optimal. 
  • Saat make up. Saya pernah baca kalau salah satu rahasia supaya hasil make up terlihat lebih dewy dan glowing adalah dengan menggunakan facial mist. Awalnya saya juga meragukan, tapi setelah dicoba ternyata memang benar bahwa hasil make up menjadi lebih bagus (at least menurut saya hihi). Caranya adalah dengan spray facial mist-mu pada setiap layer make up. Primer - spray - foundation - spray - BB cushion - spray - dan seterusnya. Di akhir make up pun saya semprotkan kembali. Oya, jangan lupa agar facial mistnya terserap sempurna dulu ya sebelum lanjut tahap berikutnya.
  • Setelah waxing. Kulit saya termasuk sensitif apabila sehabis waxing. Untuk mengurangi iritasi atau kemerahan, saya selalu menyemprotkannya dengan facial mist. Bioderma Hydrabio Brume  benar-benar sukses sebagai soothing agent :D
Cukup sering kan? Hehe. 

Setelah 2 bulan lebih menggunakan Bioderma Hydrabio Brume, saya ketagihan. Facial mist ini berhasil untuk menghidrasi kulit saya. Rasanya saya sudah tidak pernah tuh merasakan kulit kering karena dehidrasi. Sekarang saya sudah menggunakan botol kedua ukuran 50 ml dan nanti pasti akan repurchase deh.

Oya saya ingin menyampaikan hal penting agar manfaat facial mist dapat terasa optimal, yaitu: Pastikan kalian membaca instructions of use dari setiap brand facial mist yang kalian gunakan. The point is, setiap brand mungkin memiliki anjuran pemakain yang berbeda-beda. 

Bioderma Hydrabio Brume: Spray as often as necessary. The skin can be left to dry naturally after spraying.
La Roche Posay: Spray then leave to penetrate 2-3 minutes. Gently pat off excess spray
Vichy: After spraying, leave it to work for a few moments then gently dry.
Kalau kalian perhatikan, ketiga brand tersebut memiliki anjuran yang berbeda. Bioderma mengatakan bahwa saat menggunakan facial mist, kita dapat membiarkan kulit wajah kering dengan sendirinya. Berbeda dengan La Roche Posay dan Vichy yang menyarankan untuk mengusapkan sisa spray setelah beberapa saat. See the differences? 

Pada beberapa brand, jika facial mist dibiarkan menguap sampai kering di kulit, dapat mengakibatkan kulit malah menjadi semakin kering. Gak mau kan? Maka dari itu sebagai konsumen, kita memang harus lebih teliti lagi demi kebaikan diri kita sendiri. Mari budayakan rajin membaca hehehe.

Kalau kalian tertarik dengan Bioderma Hydrabio Brume atau facial mist lainnya, Sociolla menyediakan banyak sekali pilihan. Sebagai contoh, Bioderma Hydrabio Brume bisa dibeli di Sociolla seharga Rp 99.000 untuk ukuran 50 ml.

Kalau kalian bagaimana, senang menggunakan facial mist juga kah seperti saya? :)

31 comments:

  1. Hallo salam kenal, saya juga memaki bioderma hydrabio tapi ko di wajah malah kluar bintik bintik ya :( apa karna ga cocok atau pemakaian nya salah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal kembali mba darikuuu :)) Wah mungkin mba ada alergi dgn mineral tertentu kah? Bioderma hydrabio ini mengandung beberapa mineral, mgkn ada yg kurang cocok yaa.. Alternatifnya bisa coba facial mist lain seperti Avene, Evian, dll mba. Semoga brand lain bisa cocok ya mba..

      Delete
  2. wah aku juga pake ini nih, malah sekalian punya yg 300ml hihi emang enak banget ya dipake bikin muka jd seger :D

    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun yg di rumah sedia yg 300 ml hihi ditaro di kulkas supaya pas dipake seger :D

      Delete
  3. Sama ga sih fungsi dan hasilnya dg kangen water & beauty water?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, fungsinya untuk meng-hidrasi kulit wajah :) Yang berbeda di kandungannya aja.. Ada khasiat plusnya kalau kita pakai facial mist dengan komposisi-komposisi tertentu, misalnya mineral atau essential oil :)

      Delete
  4. Haha..itu scene drakor pasti deh scene di secret garden. Scene dimana sang ibu berusaha nyogok si cewek trus stress sendiri. Haha..kocak banget pas diparodikan sama bigbang.
    Coba deh face mist keluaran mineral botanica. Murah, tapi lama habisnya. Padahal pakenya udah gragas gitu. Seger ada aromanya dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbaaa! Scene itu melekat smpe sekarang deh.. Padahal nonton secret gardennya juga tahun kapan hehehe. Iya mba kocak banget hahaha dae sung yah yg parodiinnya :D

      Wah noted mba, aku blm pernah coba produknya mineral botanica.. Nanti aku coba cari hehe. Cuma lg sering liat temen2 blogger lain share swatch lipstiknya yg katanya bagus juga..

      Delete
  5. belum pernah pakai ini kak, kalo bumil boleh pakai juga kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba erna, setauku boleh mba. Ibu hamil biasanya dianjurkan menghindari yang skincare atau kosmetik yg mengandung paraben, nah bioderma hydrabio ini paraben free :))

      Delete
  6. Aku juga pertama pake "semprotan muka" karena liat drakor, Mba. Hihii...
    Kok kayanya enak ya. Nyobain yang Vit. C Enrgising Face Spritz dari TBS. Wanginya enak dan bikin seger.
    Tapi, itu termasuk facial mist bukan sih? hahaha.. kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata banyak yah yg pake facial mist krn keracunan drama korea, toss mba! :)) Iya mba vit C-nya TBS termasuk facial mist juga.. Kalau enak kasih tau ya mba hehehe. Pengen coba skincare yg mengandung vit c dan akhirnya beli serum. :D

      Delete
  7. Banyak juga manfaatnya, aku belum pernah pakai facial mist seperti ini. Asyik juga, bikin kulit lembab nggak kering ya :)

    ReplyDelete
  8. Berarti tidak semua caranya sama ya, harus ikuti petunjuk benar-benar. Bisa beda gitu caranya. [manggut-manggut]

    ReplyDelete
  9. aku belum pernah nyoba yang ini.. baru nyoba yang keluaran body shop aja. coba aja ah, aku suka pake facial mist

    ReplyDelete
  10. untuk kulit sensitif berminyak cocok nggak mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bioderma ini insya Allah cocok soalnya dia hypoallergenic trs paraben free jugaa :)

      Delete
  11. itu adeganny di u who come from the stars y klo g salah 😂 *pemeran utamany kesel trs nyemprotin facial mistny k mukakny 😂😂 ak jg dulu kracunan facial mist gegra itu jg mba tp dlu nyoba bikin sndiri 😄 *pantesan saben ktmu mbak e slalu tmpak glowy ihiy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama liat di Secret Garden shan, di My love from another star ada juga yaa? Aku lupaaa hihi. Glowy sm oily beda tipis ya shan ahahaha

      Delete
  12. rasanya aku tau dramanya, secret garden bukan? pernah di parodiin sama daesung soalnya scene yang semprot face mist itu XD aku tau face mist ini dari kuliah, tapi baru mulai pakainya sekarang sih ><

    blog.viniamanda.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul! Secret Garden bgt vin ahahaha.. Emaknya hyun bin rese bgt kan marah2 terus. Iya trs daesung yg jd doi ahahaha keseeeel..

      Delete
  13. Ayu udah lama banget ingin coba face mist gini ka biaa, baru tau ka bia suka banget make loh :3 kalau di beauty gurus drugstore product yg di rekomen biasanya yg nyx facial mist itu, ka bia pernah coba kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo facial mist NYX kynya yg emang buat setting makeup spray gitu yah yuu? AKu blm cobaaa tp pengen beliii hihi

      Delete
  14. Wah, aku lumayan menganggap remeh facial mist nih :D (kecuali emang mist fixer buat sesudah makeupan) xD
    Mungkin juga karena kulitku ngga terlalu sensitif yah :D
    Keren kak ^^ Makasih ilmu nya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jess sejak di Bali aku jd makin rutin pake ini soalnya pas awal2 kulitku jd kering krn kepanasan teruuus.. Anytimeee jess ;)

      Delete
  15. Aku pakai campuran aqua, air teh, sama air mawar. Mayan lah kak buat set make up. Wkwkwk.

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantappp.. Vina emg paling jago deh yg DIY gini (Y)

      Delete
  16. Udah lama aku juga pengen coba semprot-semprot facial mist terutama Avene, tp kok ya masih ragu-ragu kalau siang-siang semprot apa muka ga blobor ahha...
    Very informative, Bia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga blobor beber kok gian ahahha.. Tipis2 aja, dr jauh gitu semprotnya biar ga banjir di muka hihi..

      Delete
  17. Boros gak sih face mist kemasan aerosol gini? Aku pernah punya dr innisfree greentea,yg botol besar padahal, perasaan jarang dipake koq cepet bgt abisnya
    Berasa alcoholnya gak? Agak tingling gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mgkn klo kelamaan didiemin atau jarang dipake jd menguap kali ya mbadin? (sotoy) aku selama ini ngerasanya awet aja mba dgn penggunaan normal hihi. Ga ada tingling sensationnya klo facial mist ini :D

      Delete