Thursday 27 April 2017

SAYING GOOD BYE WITH A SMILE BECAUSE OF PRELO!


Paling gemes deh kalau bermunculan lipstik-lipstik baru, terutama lipstik dari brand lokal yang kualitasnya gak kalah saing dengan brand global. Rasanya pengen beli semua! Gak tahan untuk swatch dan coba satu per satu. Sampai akhirnya saya sadar kalau koleksi lipstik saya sudah semakin banyak dan menumpuk, padahal yang dipakai yang itu-itu saja. Problematika wanita banget yah. Akhirnya saya memutuskan untuk menjual beberapa lipstik tersebut, terutama yang kondisinya masih bagus dan hampir tak pernah dipakai. Jadinya gak mubazir kan hehe. Nah untuk menjual barang-barang preloved, biasanya saya mengandalkan satu aplikasi yang memungkinkan saya untuk menjualnya dengan cepat dan mudah. Namanya Prelo.


Pertama tau tentang marketplace ini dari sahabat saya, Dea. Setiap saya rempong di grup chat menawarkan skincare yang tidak terpakai, Dea pasti langsung mengingatkan "Bi, jual di Prelo aja!". Dea ini sudah sering menjual barang prelovednya di Prelo, makanya dia merekomendasikannya juga ke saya. Sekarang sudah hampir satu tahun saya join dan memang harus akui kalau Prelo ini keren banget. Sangat membantu para beauty junkie seperti saya yang sering kebingungan menampung koleksi skincare maupun makeup hahaha.


Kalian sudah familiar kah dengan Prelo? Kalau belum, saya coba ceritakan yah.

Prelo adalah marketplace untuk jual-beli barang bekas yang berkualitas. Kenapa berkualitas? Karena di Prelo hanya ada barang-barang bekas yang original alias NO KW. Kalian gak akan bisa menemukan barang KW di Prelo dan kalian juga gak bisa menjual barang KW di Prelo. 

Pastinya kalian gak akan mau beli produk KW yang berkedok original kan, sama seperti saya. Yang bikin tenang berbelanja, semua barang yang dijual di Prelo itu original. Semua ini karena Prelo menanamkan gaya hidup membeli barang bekas sekaligus menjaga dan melindungi hak kekayaan intelektual.

Saat kita menjual barang di Prelo, Tim Prelo akan terlebih dahulu memeriksa barang-barang yang kita jual. Jika ada yang tidak sesuai atau kurang lengkap, akan ada notifikasi untuk menambahkan kelengkapan di barang jualan kita. Tim Prelo juga akan langsung menonaktifkan barang yang kita jual, jika terbukti tidak original. Dengan pengawasan seperti ini, insya Allah barang yang ada di Prelo original sist ;)

Sistem jual-beli di Prelo ini menggunakan rekening bersama. Jadi dapat dipastikan bertransaksi di Prelo ini semuanya aman. Kalau kita berbelanja di Prelo, dana yang kita transfer tidak akan diteruskan ke penjual sebelum barang sampai di tangan kita. Semua dana akan ditampung terlebih dahulu di rekening bersama Prelo, baru diteruskan ke penjual. Dengan mekanisme seperti ini, pembeli gak perlu khawatir akan rugi penjualnya kabur dan tidak bertanggung jawab. Saya sendiri pernah jadi korban penipuan online shop, makanya jadi lebih hati-hati kalau bertransaksi online. Untungnya di Prelo kejadian seperti ini tidak akan terjadi, fyuh!

Meskipun menggunakan rekening bersama, pembeli tetap bisa berhubungan langsung dengan penjual melalui fitur chat yang tersedia. Tawar-menawar juga semakin asik karena Prelo memiliki fitur tawar secara langsung via chat tersebut. Jadi kalau kita menawar harga suatu barang dan tawaran kita diterima, harganya akan langsung berubah. Praktis yah!

Cara menjual barang di Prelo gampang banget lho! Cukup download aplikasi Prelo atau kunjungi websitenya di www.prelo.co.id. dan langsung upload foto barang yang akan dijual. Berikut saya jelasin step-by-step nya ya :
  1. Download aplikasi Prelo di App Store bagi iOS atau Google Play Store bagi pengguna Android atau kunjungi https://prelo.co.id/ 
  2. Register untuk membuat akun di Prelo. Pastikan kalian menggunakan email & nomor HP yang aktif ya!
  3. Klik simbol kamera untuk mulai berjualan.
  4. Foto barang yang akan kalian jual sesuai arahan yang tersedia.
  5. Isi detail barang seperti nama barang, alasan jual, kondisi, merek barang, dan deskripsi lainnya.
  6. Tentukan ongkos kirim. Ongkos kirim bisa di bebankan ke Pembeli ataupun ke Penjual. Jangan lupa isi berat barang karena akan berpengaruh kepada ongkos kirim.
  7. Tentukan harga jual dan klik LANJUTKAN.
  8. Share ke akun media sosial kalian.
  9. Barangmu berhasil di upload!

Jenis barang yang dapat dijual maupun dibeli lengkap banget!
Sejak join dari setahun yang lalu, saya baru coba menjual barang bekas saya 7 bulan kemarin karena ga sempet melulu. Hehe. Padahal begitu ada Prelo saya langsung excited untuk jual barang-barang gak terpakai ini yang tentunya sudah bikin meja rias saya penuh. Dulu rasanya sedih setiap kali melihat lipstik kesayangan yang berdebu karena jarang terpakai. Sekarang lega karena lipstik-lipstik tercinta itu bisa jatuh ke tangan yang tepat melalui Prelo. Rasanya saya bisa saying goodbye dengan senyum lebar kepada barang-barang preloved saya ini. :)

Gak hanya sebatas makeup atau skincare, saya juga menjual item lainnya yaitu novel. Rencananya sih begitu pulang ke Bali saya ingin menjual juga beberapa pakaian saya. Alasannya adalah : ada lumayan banyak baju yang tidak terpakai, selain itu sekarang berat badan saya naik drastis jadi pasti banyak pakaian yang kesempitan. Hahaha. 

By the way, coba cek shop saya di Prelo deh! Cari username : nabilaputrik atau klik https://prelo.co.id/nabilaputrik siapa tau ada yang cocok kan :)

Thanks for reading!

10 comments:

  1. Okelah dicobA nanti 😍😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ceee! Aku tau bgt sih pasti ce jess punya banyak preloved yg nganggur yakan yakaaan ;)

      Delete
  2. baru tau ada aplikasi prelo utk preloved, biasanya ke situs sebelah yg juga jual barang preloved.. nanti coba ikut donlod deh

    ReplyDelete
  3. Haha saya lipstik satu biji aja gak habis bertahun-tahun. Jadi kalau beli itu sayang nggak kepake-kepake :D

    ReplyDelete
  4. Aku baru denger prelo,mau download ahh kayaknya lucu-lucu produknya.

    ReplyDelete
  5. Mbaa, lipstiknya buat aku aja ya ... Hehhehe

    ReplyDelete
  6. Ya Allah, itu lippen banyak bgt. Mau lah, coba aku cari di prelo, sapa tau ada yg cucok

    ReplyDelete
  7. wahh keren banget, jadi pengen nyoba juga dehh..

    ReplyDelete
  8. saya jg baru tau ada prelo sekitar 1 minggu lalu.
    barangnya memang bagus2 (tapi ada jg yg kw🙄)
    mesti rajin search

    ReplyDelete