Tuesday 28 June 2016

HEALTHY NIGHT AT EARTH CAFE UBUD, BALI



Kalau saya perhatikan, beberapa tahun ini healthy lifestyle sedang booming dan sangat digandrungi. Akhir-akhir ini pun personal socmed saya dipenuhi kegiatan teman-teman yang marathon disana, lari disini, sepeda disitu, atau fitness dimana-mana. Saya salut banget dengan mereka yang bisa sangat rajin olahraga demi kesehatan, tapi kayanya kalau olahraga saya cukup berenang dua minggu sekali deh hehe. Eitss, tapi bukan berarti saya gak mau hidup sehat lho ya. Ceritanya, saya mau approach dari sisi lain. 

Jadi gini.. Salah satu wujud dari hidup sehat adalah konsumsi makanan & minuman yang sehat. Setuju kan? Nah beberapa minggu ini saya dan suami bertekad untuk hidup lebih sehat dengan memilih makan & minum sehat. Masih belajar sih, bukan yang ekstrem seperti menjadi vegetarian. Saya belum sanggup hihi. Sebagai contoh, menu sarapan kami setiap hari adalah overnight-oat dengan komposisi oat, susu, yoghurt, buah dan madu. Buahnya saya ganti-ganti dan kombinasikan setiap harinya. Lalu setiap ke supermarket, kami coba hindari rak makanan ringan dan memilih beli buah dan jus untuk cemilan. Kami pun sudah tidak pernah minum soda.

Saat saya ke Ubud kemarin, saya dan suami mengunjungi Earth Cafe yang katanya semua menunya sehat dan terbuat dari bahan organik, berbekal hasil pencarian di Zomato dari beberapa hari kemarin. 






Earth Cafe menawarkan "vegetarian menu, based on nutritional understanding and macrobiotic principle". Saat saya lihat list menunya, wah benar saja ternyata semuanya dijamin sehat. Makanannya wheat free & gluten free, whereas minumannya terbuat dari bahan-bahan alami bebas gula buatan. Saya semakin penasaran ingin icip-icip.

Saya dan Sony masing-masing memesan satu makanan dan satu minuman.

Quinoa Pancakes (IDR 75K)

Saya memilih Quinoa Pancake yang komposisinya: quinoa, almond, coconut, fluors with cashew milk, served with apple raisin sauce. Pancake quinoa saya disajikan sebanyak tiga tumpuk dan ditambah dengan potongan buah segar plus saus apel kismis. Pas saya coba, saya cukup kaget. Bukan karena apa-apa, hanya saja rasanya memang jauuuuh berbeda dengan pancake pada umumnya. Rasanya sangat 'sehat' dan cukup hambar. Tapi gak usah khawatir karena kehambarannya sekejap sirna saat potongan pancake tersebut dicelupkan ke saus apel kismis dan dimakan bersama dengan stroberi. Enak! Selain rasanya yang enak, saya juga seneng banget karena penyajiannya yang super-cute! 


Nori Maki (IDR 42K)

Sony itu doyan banget sama sushi, jadi saat tahu ada menu yang ala-ala sushi langsung deh semangat untuk order. Nori Maki ini terdiri dari brown rice, marinated tempeh, veggie roll & organic seaweed. Awalnya saya pikir, "ih masa sushi isinya tempe? emang enak ya?". Ternyata waktu nyicip, ga jauh beda kok sama sushi biasa yang isi crab. Apalagi dengan pengetahuan bahwa sushi ini lebih sehat dan organik, jadi terasa lebih enak deh hehe.


Beverage : Chocolate Addiction (IDR 49K) & Anxious Ease (IDR 39K)

Untuk minumannya, saya pesan Chocolate Addiction dan Sony pesan Anxious Ease. Chocolate Addiction terbuat dari susu kedelai, bubuk coklat dan madu. Despite the fact it's made of soy milk, rasanya ga jauh beda dengan milkshake yang terbuat dari susu sapi. Saya suka banget! Nah kalau Anxious Ease komposisinya camomile tea, apel, vanila dan madu. Kata Sony pun rasanya enak.
__

Setelah mencoba Earth Cafe yang menu sehatnya super beragam, saya jadi termotivasi untuk mengolah makanan sehat di rumah. Yang biasanya baru sebatas bikin overnight-oat, besok-besok saya akan coba googling dan eksperimen makanan lainnya deh. Selain itu, saya mau coba mengganti susu sapi full cream dengan susu kedelai. Lalu saya akan mengurangi gula di puding yang saya buat setiap minggu. Pokoknya saya akan lakukan apapun demi hidup sehat hehe.


Let's live a healthy life!

__

Read more : Mexican Dinner at Taco Casa Bali

Earth Cafe 
Jl. Goutama Selatan, Ubud, Bali
Tel : (0361) 976546
http://www.earthcafebali.com/
Instagram : @earthcafebali

6 comments:

  1. makanannya menggiurkaan :3
    nori maki sepertinya enak ituuu XD

    www.rusydinat.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, iya makanannya memang enak dan sehat banget. Nori maki-nya enak tapi yang paling enak menurutku dua minumannya hihi. Thanks for reading mba :)

      Delete
  2. wow cafenya asik ya
    di catet deh...siapa tau suatu saat bisa kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba cafenya asyik dan ambience-nya pun enak banget. Amin, kalau ke Ubud dan kesini ditunggu sharingnya :)

      Delete
  3. Tempatnya juga instagram-able banget ya hahaha.
    Semoga tempat model begini bisa ada di bekasi soon :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba elisa, yuppp tempatnya lucu utk foto-foto! To be honest, ini salah satu alasan saya mampir kesini lohh hehe. Wah semoga ya mba, Bekasi kan skrg lg growing banget, pasti segera banyak tempat seru plus intagramable jg deh..

      Delete