Saturday 30 September 2017

BOTANINA COLD & FLU AROMATHERAPY SPRAY - REVIEW


Syukur alhamdulillah, kehamilan pertama saya ini rasanya menyenangkan sekali. Nafsu makan normal, gak ada acara mual atau muntah dan yang paling kerasa bikin happy adalah jadi lebih disayang orang-orang di sekitar. Hehe. Yah walaupun bukan berarti kehamilan ini 100% mulus ya. Masih ada kok bumbu-bumbu seperti pegal pinggang dan kaki atau gak enak badan.

Salah satu bentuk gak enak badan yang beberapa kali saya alami diantaranya adalah pilek atau flu. Bagi saya yang memiliki riwayat asma, flu jadi salah satu kondisi yang sangat saya waspadai. Kenapa? Soalnya kalau sudah flu, bisa jadi merembet ke batuk dan nantinya asma malah kambuh. Hii, jangan sampai deh!

Saat hamil ini, saya sempat kebingungan saat mulai ingsrek-ingsrek pilek. Soalnya saya tahu betul kalau ibu hamil gak boleh yang namanya minum obat sembarangan. Akhirnya pada saat gejala flu yang pertama, saya hanya berusaha mengobatinya dengan banyak istirahat, banyak makan dan selalu minum yang hangat-hangat.
__

Sewaktu saya sedang melihat-lihat instagram Toko Organic Bandung, saya menemukan produk Botanina Cold & Flu Aromatherapy Spray. Pada kemasannya dituliskan bahwa spray ini dapat membantu melegakan pernapasan saat flu serta dapat membasmi kuman dan bakteri nakal. Spontan saya langsung pesan! Padahal saat itu saya belum pernah dengar review dan testimoni dari teman atau kerabat sekitar lho hahaha.

Kalau kalian belum pernah dengar brand Botanina, berikut ini saya kutip sedikit penjelasan yang berasal dari website mereka Botanina.com.

"Botanina provides natural homecare and bodycare for the people who want natural alternatives to synthetic content. We use blends of pure essential oils as active ingredients to serve both wonderful scents and therapeutic benefits.

Our values:
  • Honest Ingredients (we share all the ingredients being used so that the customers can decide whether our products are safe or not for them)
  • Safety First (different formulas for different group of ages)
  • roven Benefits (continuous product improvement to increase product effectiveness)
  • Organic Priority and Affordable Prices (operation strategy to achieve 100% organic ingredients usage and high quality yet affordable products)."
Saya tertarik sekali karena saat ini saya memang sangat prefer segala sesuatu yang berbau natural, termasuk homecare. Botanina menggunakan minyak esensial murni pada produk-produknya, yang mana bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Setelah masuk ke dalam tubuh, baik dihirup maupun dioleskan, minyak esensial ini akan bekerja dengan cara yang sama seperti obat-obatan. Jadi saya pikir selama bisa diatasi dengan yang natural kenapa harus dikit-dikit lari ke obat?
Botanina Cold & Flu Aromatherapy Spray Ingredients: Distilled water, Witch hazel extract, Essential oils (eucalyptus, peppermint, lavender), Phenoxyethanol 0.2%. *NO PHALATES, NO SYNTHETIC FRAGRANCES, NO FORMALDEHYDE, NO PHENOL, NO BENZYL ALCOHOL
Sebagai informasi tambahan, Botanina membagi produknya berdasarkan kelompok umur. Untuk varian Cold & Flu Aromatherapy Spray, Botanina membaginya menjadi 3 kelompok umur yaitu untuk bayi (usia < 6 bulan), anak (usia > 6 bulan) dan dewasa (usia > 10 tahun). Pembagian ini disesuaikan dengan komposisi dan dosis yang cocok bagi setiap kelompok umur. Jadi komposisi untuk bayi dan anak bisa berbeda dengan yang dewasa. Saya sendiri menggunakan yang diperuntukan bagi dewasa (usia > 10 tahun). 

Ngomong-ngomong komposisi, penggunaan produk yang mengandung minyak esensial oleh ibu hamil memang lumayan kontroversial. Karena terdapat beberapa jenis minyak esensial yang justru berbahaya bagi kehamilan. Dari website BabyCenter.com, saya membaca bahwa terdapat beberapa minyak essential yang perlu dihindari ibu hamil yaitu :
  • Nutmeg (pala) dapat menimbulkan efek halusinasi
  • Rosemary (rosmarin) dapat meningkatkan tekanan darah dan merangsang kontraksi
  • Basil dapat mengganggu pertumbuhan sel
  • Melati, clary sage, thyme, daun kayu manis, laurel, angelica, cumin, aniseed, dan citronella dapat merangsang kontraksi dini
  • Sage dan mawar dapat menyebabkan pendarahan rahim
  • Juniper berry dapat mengganggu fungsi ginjal
Setelah membacanya saya lumayan kaget juga, ternyata banyak juga jenis minyak esensial yang sebaiknya dihindari. Oh ya! Selain info yang saya dapatkan di website Baby Center, Botanina pada pada halaman FAQ-nya menuliskan anjuran agar penggunaan produk yang mengandung minyak esensial sebaiknya dimulai setelah kandungan memasuki trimester kedua untuk mencegah resiko yang tidak diinginkan. Anjuran kedua, ibu menyusui agar menghindari minyak esensial melati dan peppermint karena diduga kedua minyak esensial ini dapat mengurangi produksi ASI. 

Saya membandingkan list diatas dengan komposisi dari Botanina Cold & Flu Aromatherapy Spray, saya merasa aman karena spray ini tidak mengandung minyak esensial yang berbahaya bagi ibu hamil. Namun saya harus selalu ingat kalau nanti setelah melahirkan saya harus stop penggunaan Cold & Flu Spray untuk dewasa ini dan beralih ke yang peruntukkan untuk bayi atau anak-anak karena Cold & Flu Spray untuk dewasa mengandung peppermint.
__ 

Saya ingat sekali, tak lama setelah Botanina Cold & Flu Spray ini datang, suami saya mulai gak enak nelen dan pilek. Selain saya yang sedang hamil, saya juga ingin suami pun tidak dikit-dikit minum obat. Langsung deh saya semprotkan sekitar 3 spritz pada bajunya sebelum berangkat ke kantor. Begitu pulang, suami saya cerita kalau selama di kantor pileknya jauh berkurang dan gak mampet lagi. 
Cara penggunaan:
  • Kocok dahulu sebelum digunakan.
  • Spray ke tempat-tempat yang diinginkan; misalnya baju, kerudung, sarung bantal, sofa, dan lain-lain.
  • Ulangi 3-4 kali sehari saat sakit.

Pada saat saya muncul gejala flu, saya pun langsung siaga menyemprotkan Botanina Cold & Flu Spray ini pada baju plus bantal dan guling. Penting banget untuk disemprotkan juga pada bantal dan guling, soalnya selama hamil ini saya banyak menghabiskan waktu di tempat tidur; ya untuk tidur siang atau sekedar rebahan.

Sesuai ekspektasi, pilek saya pun perlahan menghilang. Bukan yang hilang dan sembuh secara instan; hari ini disemprot terus besoknya sembuh. Bukan seperti itu. Namun saya paling suka efek melegakan pernapasan yang saya dapatkan. Jadi saya bisa tidur dengan nyenyak. Hamil ini membuat saya lebih sulit tidur karena posisi tidur yang serba salah, jadi saya rasa gak perlu banget dong ah ditambah dengan hidung mampet. Ya kan? :D
__




Setelah kesuksesan Botanica Cold & Flu Aromatherapy Spray dalam mengatasi flu saya dan suami, saya jadi penasaran ingin mencoba produk lainnya. Incaran saya sih yang All Purpose Healing Salve, Body Smooth Operator dan Jaga Sukma Oil. 

Ketagihan deh! Apalagi setelah tahu kalau Botanina ini produk asli Indonesia, tepatnya asal Bandung kota kelahiran saya.

Produk Botanina Cold & Flu Aromatherapy Spray ukuran 30 ml ini saya dapatkan di Toko Organic Bandung, instagramnya @toko_organic, seharga IDR 55K. Kalau yang ukuran 60 ml harganya IDR 90K.

Ada yang pernah mencoba produk-produk Botanina juga? Yang mana yang menjadi favorit kalian?

7 comments:

  1. Hmmm patut dicoba nih, scara lg flu berat... btw slain di Bdg & IG dijual ditmpt lain kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbaa. Setauku selain itu bisa langsung beli via websitenya Botanina juga 😄

      Delete
  2. Hai mb. Saya juga pengguna Botanina. Produk yang saya pakai All Purpose Healing Salve Kids. Saya lagi hamil 12w dan terkena eksim. Waktu pesen salepnya uk 8w dan disaranin sama Botanina pakai yg kids.

    Saya search pengalaman bumil yg pakai Botanina tp ga ketemu2 sampai akhirnya nemu blog ini. Yah sekedar pengen sharing juga krn minyak esensial kan msh jd perdebatan kl dipakai di bumil. Cm klo porsi dan pemakaiannya tepat no problem x ya.

    Jadi pengen beli spray juga nih setelah baca review dr mb. Btw uk kehamilan brp mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbaaa.. Iyaah setuju memang bumil mesti ekstra hati-hati pilih minyak esensial ya, mulai dari varian sampai dosisnya. Aku start pakai spray ini waktu masuk 21 minggu mba. Kalau baca2 memang sebaiknya bumil mulai gunakan produk dengan minyak esensial saat masuk trimester kedua supaya lebih aman dan terhindar resiko yang ga diinginkan :)

      Delete
  3. Hai mb. Saya juga pengguna Botanina. Produk yang saya pakai All Purpose Healing Salve Kids. Saya lagi hamil 12w dan terkena eksim. Waktu pesen salepnya uk 8w dan disaranin sama Botanina pakai yg kids.

    Saya search pengalaman bumil yg pakai Botanina tp ga ketemu2 sampai akhirnya nemu blog ini. Yah sekedar pengen sharing juga krn minyak esensial kan msh jd perdebatan kl dipakai di bumil. Cm klo porsi dan pemakaiannya tepat no problem x ya.

    Jadi pengen beli spray juga nih setelah baca review dr mb. Btw uk kehamilan brp mb?

    ReplyDelete
  4. wah botana emang bagusnya,, omesti di coba nih kebetulan lagi flu ..

    ReplyDelete
  5. JINGHUI is the leading China perfume factory, shower gel manufacturer. We are a manufacturer of shower gel and perfume that integrates processing and production. The product range is wide and there are many featured products such as perfume and shower gel. China Aromatherapy

    ReplyDelete