Friday 31 March 2017

SOCIOLLA SECRET GETAWAY : TROPICAL WANDERLUST

Dari sekian banyak event blogger yang saya ikuti, Sociolla Secret Getaway ini merupakan salah satu event yang saya nilai paling exciting. Ada beberapa alasan yang menjadikan saya sangat bergejolak hahaha. Pertama, penyelenggara event-nya merupakan e-commerce favorite saya: Sociolla. Kedua, konsep dari gatheringnya sangat unik. Ketiga, lokasinya pun sangat bikin penasaran. Kalau kalian mengikuti social media saya, kalian pasti sudah lihat segelintir moment dari event ini di postingan saya. Cuma segelintir lho. Jadi kalau mau tahu lengkap, baca post ini sampai beres ya hehe. ;)

Ceritanya akan saya awali dari moment saat saya dihubungi tim Sociolla.

Sore itu, saya sedang menikmati sore sambil membaca buku yang sudah saya baca tiga bulan terakhir namun tidak juga kunjung selesai. Tiba-tiba smartphone saya berdering dan menunjukkan nomor yang tak dikenal. Entah kenapa, saya tergerak untuk mengangkat. Padahal biasanya boro-boro diangkat, seringnya sih saya silent. Bukannya sombong, tapi biasanya telepon dari nomor yang tidak dikenal itu jebakan batman deh. Kalau bukan nawarin kartu kredit, ya asuransi; yang mana kalau menawarkan produk biasanya tidak akan sebentar meskipun sudah saya katakan 'tidak'.

Saat diangkat, di seberang telepon sana langsung kroscek identitas dan memperkenalkan diri sebagai Sociolla representative. Dia menawarkan saya untuk ikut serta pada event terbaru Sociolla yang dinamakan Sociolla Secret Getaway. Dari namanya saja sudah misterius, saya pikir. Lalu saat saya tanyakan hal-hal terkait event seperti tanggal, lokasi, acaranya seperti apa; dia hanya bilang: masih rahasia. Namun disampaikan bahwa pada gathering ini akan ada Rachel Goddard ikut serta. Wow! Awalnya saya sempat tercengang bingung. Tapi akhirnya saya menyanggupi (padahal belum bilang suami hahaha why it's so hard to resist!) dan akhirnya saya dikirimkan beberapa detail via email yang (masih tetap) penuh misteri.

Akhirnya seminggu setelah dihubungi, tepatnya pada H-1 acara; tim Sociolla meng-invite saya pada grup Whatsapp yang berisikan panitia dan peserta gathering. Grup ini fungsinya untuk perkenalan sekaligus briefing untuk acara keesokan hari. Saya nervous se-nervous-nervousnya! Soalnya saya belum kenal siapapun T_T Sejak memulai blogging 10 bulan yang lalu, saya hanya mengenal dan pernah kopi darat dengan teman-teman dari Bali Beauty Blogger saja. Teman blogger dari luar kota belum pernah ada yang saya temui. Makanya saya hanya bisa berharap saya bisa membaur dengan semua peserta, serta dapat bersosialisasi dengan baik. Kalau kata Sony, "Jangan apatis! Ajak teman-teman ngobrol ya". Oke siap boss!

Ngerumpi sambil menunggu keberangkatan di Dermaga Marina, Ancol
Tak terasa, hari H tiba juga. Pagi itu saya berangkat dengan hati dag-dig-dug. Excited sekaligus tegang! Hahaha lebay yah. Kami berkumpul pukul 07.00 pagi di Dermaga 17 Marina, tanpa mengetahui kemana tujuan kami selanjutnya. Pagi itu hujan non stop dari subuh sebelum berangkat. Dalam hati saya berdoa semoga perjalanan dengan speed boat aman dan cuaca di tujuan nanti pun cerah.

Lalu yang kocak, saat menjelang keberangkatan, petugas dermaga berteriak, "Ya! Agung (salah satu panitia Sociolla Secret Getaway) dengan tujuan Pulau Macan 20 orang silakan kemari". Yaaah, ketauan dong! Jadi tujuannya Pulau Macan toh. Panitia langsung ketawa terbahak-bahak karena kecolongan. Hahaha. Tapi gak apa-apa, kalau saya sih tetap blank karena saya sebelumnya belum pernah ke Kepulauan Seribu. Bahkan gak ngeuh Pulau Macan itu yang mana sih. Maaf katro :p

Tak lama, tiba juga waktunya kami berangkat. Dan perjalanan pun dimulai..

Perjalanan dari Ancol ke Pulau Macan memakan waktu sekitar 2 jam. Cukup lama karena memang terdapat beberapa kali transit. Sesampainya disana, kami di-brief oleh pihak resort mengenai peraturan dan kondisi dari Pulau Macan. Anyway, Pulau Macan ini merupakan pulau yang sangat eco-friendly lho. Disana terdapat solar panel yang menjadi sumber listrik; sayurannya organik; serta terdapat penampungan air hujan yang menjadi sumber air minum. I'm in awe!
 __

Pada Sociolla Secret Getaway kali ini, Sociolla Blogger Network akan mengikuti tiga kelas yang telah dipersiapkan secara matang oleh tim panitia. Adapun tema kelasnya sebagai berikut:
  1. Give a Better Skincare Preparation for Your Holiday. Dresscode: White & Denim.
  2. Toes on Point with Matching Sandals. Dresscode: Tropical Floral.
  3. Simple yet Statement Makeup That Looks Good on Your Social Media. Dresscode: Baby Blue.

Give a Better Skincare Preparation for Your Holiday by Wardah Beauty

Liburan bukan berarti perawatan wajah pun ikut libur. Saya pribadi meyakini itu, bahkan saya sih termasuk orang yang tetap membawa segambreng skincare saat liburan. Pada kelas pertama ini, hadir dr. Sari yang merupakan dokter ahli kecantikan dari Wardah Beauty yang bercerita tentang pentingnya skincare saat liburan.

dr. Sari memberikan penjelasan tentang skincare
Menurut dr. Sari, terdapat tiga tahapan skincare yang esensial dan tidak boleh ditinggalkan meskipun sedang berlibur. Tiga tahapnya adalah sebagai berikut : cleansing, moisturizing, dan protecting

Cleansing merupakan kunci dari kulit yang sehat. Setelah beraktivitas seharian, tentunya ada banyak kotoran dan kuman yang menempel pada wajah kita. Maka dari itu kita harus memastikan untuk membersihkan wajah kita secara menyeluruh setelah beraktivitas. Salah satu fenomena skincare yang sedang hits diantaranya adalah double cleansing. Dr. Sari bilang kalau double cleansing ini hal yang baik untuk dilakukan. Double cleansing dilakukan dengan dua tahapan. Proses cleansing pertama bisa menggunakan cleansing product yang berbasis minyak, yang sifatnya dapat melarutkan kosmetik waterproof. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan cleansing kedua berupa facial wash untuk memastikan kulit benar-benar bersih dan siap untuk tahap selanjutnya.

Dekorasi meja yang sangat flowery dan cantik
Tahap kedua yang perlu dilakukan adalah tahap moisturizing. Moisturizer sangat dibutuhkan oleh kulit untuk mengembalikan kelembaban setelah proses cleansing, baik pagi maupun malam hari. Proses cleansing memungkinkan pelembab alami kulit ikut terangkat; ini yang menyebabkan kadang kulit terasa kesat dan kering setelah dibersihkan. Dalam menggunakan moisturizer, kita juga harus cermat memilih yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika memiliki kulit yang berminyak, maka kita dapat memilih pelembab untuk normal to oily skin. Pastikan untuk membaca dengan seksama sebelum membeli dan menggunakannya ya!

Tahap penting yang terakhir adalah tahap protecting. Perlindungan yang dimaksud adalah menggunakan sunscreen dengan baik dan benar. Sebelumnya saya juga pernah cerita mengenai rutinitas penggunaan sunscreen, bahaya jika tidak menggunakan sunscreen, serta manfaat penggunaan sunscreen disini. Sunscreen sangat dibutuhkan saat liburan, apalagi jika kita berlibur ke tempat yang memiliki eksposur sinar matahari yang intens. Hal yang perlu diingat, penggunaan sunscreen tidak cukup hanya sekali sebelum mengaplikasikan makeup. Kerja sunscreen secara efektif biasanya hanya berlangsung 2-3 jam. Setelah 3 jam, perlindungannya akan melemah. Jadi kita harus rajin reapply, minimal 2 jam sekali.

Setelah mendengarkan penjelasan dr. Sari, para peserta langsung semangat untuk bertanya dan berkonsultasi tentang rutinitas skincarenya masing-masing. Seru banget!

Foto bersama dr. Sari dari Wardah Beauty

Toes on Point with Matching Sandals by Ipanema Indonesia

Kelas kedua dijadwalkan setelah kami isi bensin (baca : makan siang), jadi tenaga kami sudah full kembali. Panitia menginfokan kalau kelas ini akan berlangsung di Pulau Macan Gundul yang berada di seberang Pulau Macan Utama. Untuk mencapai Pulau Macan Gundul, kami mengendarai kapal kecil yang kira-kira muat untuk 20 orang. Berhubung kelas kedua ini diadakan di tempat terbuka, gak lupa kami membawa sunglasses, topi dan sunscreen.

Too pretty to be true!

Setelah menyeberang sekitar 4 menit (iya, jaraknya memang sangat dekat), kami dipersilakan turun 20 meter sebelum daratan karena permukaan air lautnya yang terlalu dangkal sehingga tidak memungkinkan kapal sampai ke pinggir pantai. Berbekal sepatu untuk di air (saya gak inget namanya apa), berjalan lah kami menuju lokasi kelas kedua. Begitu sampai saya melihat kalau setting dan dekorasi kelas kedua ini bagus bangeeeet! Mindblowing! Saking amazed-nya, kami para peserta sampai keasyikan foto-foto dan melihat sekitar hahahaha.

Setelah mulai kondusif, akhirnya dimulai juga kelas kedua dari Sociolla Secret Getaway ini.  Pada kelas ini, kami berdiskusi mengenai apa saja kriteria yang dibutuhkan dalam memilih sandal. Ada yang bilang kalau prefer menggunakan sandal yang nyaman, ada juga yang mengutamakan sandal yang tidak licin. Kalau saya sendiri sih akan memilih sandal yang nyaman dan tampak bagus saat dikenakan oleh kaki saya yang lebar binti jebrag. Hahaha!

Kak Jikha dari Ipanema Indonesia menjelaskan kalau semua kriteria itu ada lengkap melekat pada sandal dari Ipanema Indonesia. Sandal dari Ipanema memiliki kualitas yang teruji, dengan bahan baku PVC yang terbukti elastis serta aman bagi penggunanya. Seluruh produk Ipanema 100% dapat didaur ulang, dengan komposisi 30%-nya merupakan bahan daur ulang. Keren yah!

Sandal dari Ipanema didesain mengikuti kontur telapak kaki dan didukung pijakan yang lembut, menjadikannya nyaman dikenakan kemana pun kita melangkah. Yang paling saya suka, warna dan corak dari sandal Ipanema itu cantik-cantik banget. Rasanya saya bakal pede-pede aja nih pakai sandal jepit ke mall kalau desainnya se-cute ini.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Kak Jikha, Kak Mira dari Sociolla mengadakan game. Gamenya adalah menebak sandal milik siapa yang berada dalam kotak yang letaknya di depan para peserta. Rata-rata teman saya menjawab salah, namun kalau saya benar dong. Soalnya saya yang dapat giliran paling akhir hahaha! Happy :D Saat game berakhir, sandalnya pun didistribusikan ke pemilik masing-masing.

Yash, i got it right!
Tryin so hard to paint my toes. Not bad at all.
Tiba lah saat yang ditunggu-tunggu. Sesi nail painting! Kak Findri yang merupakan nail artist mengajarkan cara simple dan mudah mengkreasikan nail paint pada kuku-kuku kita yang cantik. Saya yang anaknya gak bakat pakai kuteks, akhirnya memutuskan mencoba desain simple aja yaitu menggambar bunga. Walaupun gak begitu rapi, but I made it! Hahaha. Ga ada hal yang mustahil sih memang selama kita bertekad untuk mencoba :)

Kelas bersama Ipanema Indonesia ini ditutup dengan sesi foto (endless photoshoot!), kemudian bubar jalan. Soalnya matahari sudah mulai terbenam dan sunset tinggal hitungan menit saja. Cantik! Kepulangan ke Pulau Macan Utama dibagi menjadi dua kloter: rombongan yang pulang naik kapal dan rombongan yang memutuskan pulang berjalan kaki.

Eh, eh. Jalan kaki? Gimana ceritanya sih? Hahaha. Iyaaa, saya masuk dalam rombongan yang jalan. Permukaan air laut antara Pulau Macan Utama dan Pulau Macan Gundul yang dangkal memungkinkan kami untuk menyebrangi lautan berjalan kaki. Memang benar-benar dangkal; paling tingginya hanya sekitar sepinggul saya yang notabene pendek ini. Tak lupa, pemandu dari resort mengingatkan kami untuk berhati-hati akan ikan pari dan juga bulu babi. Alhamdulillah sampai Pulau Macan dengan aman sentosa! Ini salah satu moment yang paling berkesan dari Sociolla Secret Getaway. Menyebrangi lautan, literally. Hihi.

Setelah kelas kedua Sociolla Secret Getaway berakhir, tiba saatnya acara bebas. Kami dinner, mengobrol sampai tengah malam, kemudian akhirnya tidur super nyenyak sambil gak rela karena cepat sekali hari yang seru ini berakhir. Hua!

Pretty sandals from Ipanema Indonesia

Simple yet Statement Makeup That Looks Good on Your Social Media by Wardah Beauty

Di hari kedua, tak terasa sudah masuk ke kelas ketiga dari Sociolla Secret Getaway saja. Cepet banget sih waktu berlalu! Katanya kalau happy, memang waktu terasa berjalan lebih cepat yah.

Pada kelas ketiga ini, kami melakukan Beauty Class didampingi oleh tim Wardah Beauty yaitu Kak Nessia dan Kak Echi. Disini kami dijelaskan produk-produk Wardah apa saja yang bisa digunakan untuk menghasilkan makeup yang simpel namun tetap on point. Sebagai blogger yang banyak berkutat di social media,  penting untuk sebisa mungkin dapat tampil fresh dan ready untuk difoto dan dipost di social media setiap saat.

My most fave makeup item: lipstick

Breathetaking view
Kak Nessia menjelaskan kalau gak perlu makeup yang berat, apalagi saat berlibur. Point pentingnya, bisa cantik namun tetap nyaman. Sambil Kak Nessia menjelaskan, Kak Echi mendemonstrasikan holiday makeup look dengan modelnya Kak Denna dari Sociolla. Kami para SBN ditanya makeup essential apa yang harus ada saat liburan. Saat masuk giliran saya, tanpa ragu saya menjawab "Lipstik!". Memang begitu kenyataannya; saya bisa banget ga pakai pensil alis, eyeliner, bedak, dll, tapi saya mesti pakai lipstik supaya tetap pede.

Demonstrasi makeup oleh tim Wardah Beauty
Lomba makeup pun pakai maskara harus tetap khusyuk :)
Di akhir kelas, kami berlomba-lomba untuk makeup dalam waktu 15 menit. Hasil makeupnya wajib dipost di Instagram, kemudian Kak Rachel Goddard akan memilih seseorang dengan makeup terkece. Hadiahnya satu set warna lengkap Wardah Intense Matte Lipstick. Menggiurkan banget yah! Sayangnya saya belum beruntung nih hiks. Tapi gak apa-apa, saya sudah seneng banget bisa dapat banyak ilmu di kelas ketiga Sociolla Secret Getaway ini kok. ;)

__

Seluruh rangkaian Sociolla Secret Getaway ditutup dengan games. Gamenya tak lain dan tak bukan: lomba bakiak! Hahaha super seruuu. Terakhir kali saya ikutan lomba ini sepertinya saat di bangku SD deh. Alhasil, sekalinya ikutan lomba ini, besoknya kaki saya langsung memar-memar hahaha.

Waktu sudah menunjukkan pukul 02.00 siang; ini berarti sudah saatnya kami menyebrang kembali ke Jakarta. Saya dan teman-teman Sociolla Blogger Network mulai mellow. Kok rasanya gak rela ya menyudahi Sociolla Secret Getaway ini. But ya.. Life must go on. Kami segenap keluarga Sociolla Blogger Network sangat senang atas kesempatan yang diberikan untuk dapat ikut serta di acara ini.

Personally, saya sangat-sangat bersyukur! Alhamdulillah ya Allah. Dengan bisa ikut serta di Sociolla Secret Getaway ini, saya jadi mendapat banyak ilmu serta jadi bisa mengenal banyak sekali teman blogger dan kakak-kakak dari Sociolla, Wardah, maupun Ipanema. Semoga di masa yang akan datang silaturahmi ini dapat terus terjalin ya. Amin!

Thankyou Sociolla! Thankyou Wardah Beauty & Ipanema Indonesia! See you all super soon!

1. Akkkkkkkk suasananya serasa ditarik ke private island gitu. Asyik banget Bia bisa ikutan acara iniii 😍

1. Iyaaah fa berasa pulau milik sendiri hihi seru. Alhamdulillah bisa ikutaan :)

2. aaa kak bia seru banget ya kayanya acaranya. apalagi pulaunya sepi banget ahaha XD

blog.viniamanda.com

1. Iyaah vini seru dan pulaunya sepi jd berasa milik rombongan ajaah :D

3. So seruuuu. Lucky you Bia! jadi pengen main ke pantai

www.jessicaliani.com

1. Iya seruuu! Ce kapan kapan kita arisannya sambil piknik pinggir pantai yuuuu ;)

4. IIIIHHHHH asik bangeeetttttt ><

sweetmacaroonbyalo.blogspot.com

5. Woww keren Biaaa ��
    Dari dulu pengen ke Pulau Macan dan sekitarnya tp ga pernah kesampaian. Cantik ya ❤️

1. Cantik bgt memang mba Pulau Macan, aku bahkann baru tau ada pulau secantik ini di Kep. Seribuu <3

6. ahh asik bangeeett say. sociolla emang kece!

7. Duh aku juga pengen diundang ke acara gini huhuuhu ke Jakarta pun rela.

1. Worth the fight bgt acaranyaaa :)) Aku jg dr Cibubur subuh2 ke Ancol dengan senang hati demi ini hihii

8. Serba cantiiiik...Materi class-nya spt-nya juga menarik ��

1. Iyaa dekor dan scenery-nya cantik bgt.. Terus ilmunya memang bermanfaat jugaa ;)

9. Biaa asik banget main di pantai! Sendalnya juga lucuukkkkk ingin!

www.akpertiwi.com

10. Seru banget yah kak biaaa! Ayu kangen berat sama kak bia :(((

1. Ayuuuu nanti aku pulang kita ngopi atau brunch lucu yukk, melepas kangeeen :*

11. Dhh suka n.mupeng liat acaranya.. seneng bngt y mba skalian jln2 n dpt ilmu jg

1. Betul mba, ilmunya banyak sekali alhamdulillah.. Terus nambah temen baru juga, super exciting ;)

12. Lihat fotonya keren-keren dan terbayang acaranya memang seru banget ya mba :)

13. Itu kegiatan ikan kita fresh ya,ngisi otak dengan oksigen baru. Keren deh

14. Wuaaa ini keren banget ya, berasa diculik ke pantai diajak happy bareng
    udah jadi ga nervous lagi kan? Hahahha tambah temen itu neyenengin banget.

1. Iya mba seru dan happy sekaliii! Alhamdulillah begitu kenalan sm yg lain jd ga nervous lg nih hihi seruuuu :)

15. kangen jalan jalan lagi biaa hihihi.
    i followed ur gfc obviously :))

Beauty Redemption

1. Iya banget vitrieee! semoga ada another event jalan2 lg yaah hihi. Thankyou darlin, aku followback yaaahhh :D